3M Gelontorkan Bantuan Pangan US$10.000 untuk Masyarakat Rentan Dampak Terburuk Covid-19

0
3
3M Gelontorkan Bantuan Pangan US$10.000 untuk Masyarakat Rentan Dampak Terburuk Covid-19
3M Gelontorkan Bantuan Pangan US$10.000 untuk Masyarakat Rentan Dampak Terburuk Covid-19

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan krisis bersama yang memerlukan persatuan untuk mengalahkan penyakit ini, membantu sesama, dan melindungi kelompok masyarakat yang paling rentan akan akibat pandemi.

Selain penyakit Coronavirus, dampak dari pandemi ini juga meningkatkan ancaman kelaparan besar-besaran jutaan masyarakat akibat gangguan rantai pasokan pangan dan resesi ekonomi, seperti yang sudah diperingatkan oleh lembaga dunia Program Pangan Dunia PBB (WFP).

WFP PBB telah mengutip kerawanan pangan global sebagai salah satu dari hal-hal negatif yang diperkirakan terjadi pasca pandemi, oleh karenanya PBB menyerukan kepada organisasi-organisasi dapat menunjukkan dukungan kolektif kepada mereka yang terkena dampak pandemi tersebut.

Melihat permasalahan tersebut, 3M global menginisiasi program bantuan pangan untuk masyarakat yang rentan akan dampak pandemi di seluruh dunia tempat 3M beroperasi. Dalam program ini 3M Indonesia bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia, sebuah Yayasan Sosial yang berfokus pada bantuan kemanusiaan.

Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan bantuan khususnya dalam mengatasi masalah kelaparan berupa bahan makanan pokok kepada 470 kepala keluarga (KK) di wilayah yang menjadi fokus penanganan kasus COVID-19 yaitu Surabaya dan Papua.

3M Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup (Improving Every Life) masyarakat Indonesia serta memberikan kontribusi dalam memerangi pandemi global.

Sashidharan Sridharan, President Director 3M Indonesia mengatakan, pandemi yang terjadi saat ini, telah mempengaruhi kehidupan setiap orang. Oleh karena itu 3M tergerak memberikan bantuan dalam bentuk pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di Indonesia.

“3M akan terus mencari cara untuk membantu dalam memerangi COVID-19 dari segala sisi dan bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk memberikan bantuan kemanusiaan,” tambahnya, Selasa (30/6/2020).

Program Covid-19 Pandemic Emergency Response ini, lanjut Sashidharan, merupakan bagian dari 3Mgives untuk memberikan bantuan kebutuhan pangan langsung berupa makanan pokok dan kupon yang dapat ditukarkan bahan makanan pokok.

“3M Indonesia memberikan donasi senilai US$10.000 untuk disalurkan kepada penerima manfaat melalui kerja sama dengan Wahana Visi Indonesia,” lanjut Sashidharan.

Sebanyak 200 KK di wilayah Surabaya meliputi Kelurahan Simolawang, Sidodadi, dan Tambak Rejo di Kecamatan Simokerto, serta Kelurahan Tanah Kali Kedinding dan Bulan Banteng di Kecamatan Kenjeran, menerima bantuan berupa kupon yang bisa ditukarkan dengan dengan makanan pokok seperti beras, ayam, telur, tempe, maupun buah-buahan di toko-toko kelontong mitra Wahana Visi Indonesia.

Selain itu, pada wilayah Papua dengan melihat permasalahan pada gangguan rantai pasokan makanan dan logistik, bantuan makanan pokok berupa beras, kacang hijau, garam, minyak goreng, dan gula akan diberikan secara langsung ke masing-masing daerah.

Bantuan ini akan diterima oleh sebanyak 270 KK di Kampung Damen, Warse, Akamar, dan Birak di Kabupaten Asmat, Papua. Bantuan akan disalurkan kepada penerima manfaat selama bulan Juli 2020.

“Sebagai perusahaan global yang beroperasi di lebih dari tujuh puluh negara, kami berkomitmen untuk menjaga ekonomi lokal demi kelangsungan hidup masyarakat setempat. 3M akan terus merespons dengan cara-cara inovatif dan efektif untuk membantu masyarakat yang paling membutuhkan,” tutup Sashidharan.

Dalam upaya berkelanjutannya untuk memerangi pandemi global Covid-19, 3M global mengumumkan rencana untuk memberikan USD$ 20 juta dalam dukungan finansial secara global kepada para pekerja kesehatan garis depan, populasi rentan yang secara tidak proporsional dipengaruhi oleh virus dan inisiatif untuk penelitian medis. Investasi

3M akan diarahkan ke mitra masyarakat yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan kritis selama krisis global ini. 3M juga akan menyediakan USD$5 juta untuk inisiatif penelitian dan pengembangan Covid-19 di lembaga-lembaga pendidikan terkemuka di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Sains merupakan inti dari 3M dan perusahaan ini didedikasikan untuk memajukan studi cepat Covid-19. (JM01)