Ini 4 Langkah Strategis BI Dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Syariah

0
23
Ini 4 Langkah Strategis BI Dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Syariah
Ini 4 Langkah Strategis BI Dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Syariah

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Bank Indonesia terus berkomitmen dalam mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia. Komitmen tersebut ditunjukkan melalui gelaran Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Jawa 2023 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menuju puncak  acara International Sharia Economic Festival (ISEF) 2023.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung mwngatakan, Fesyar Regional Jawa 2023 yang diselenggarakan dari tanggal 29 September 2023 di Surabaya, bertujuan untuk mendukung sinergi ekonomi dan keuangan syariah dalam memperkuat pemulihan ekonomi Jawa yang inklusif.

“Fesyar Regional Jawa merupakan hasil kolaborasi Bank Indonesia se-Jawa dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota di seluruh Regional Jawa. Wabil khusus Provinsi Jawa Timur, yang sejak dahulu kita kenal sebagai salah satu Provinsi dengan basis keumatan yang sangat kental dan kuat. Inilah yang mendasari kami di Bank Indonesia untuk konsisten memusatkan kegiatan FESyar Jawa di Provinsi Jatim,” ujarnya dalam pembukaan Fesyar Regional Jawa 2023 di Surabaya, Jumat (29/9/2023).

Juda Agung juga menyampaikan bahwa potensi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar) di Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan, diantaranya:

  • Pertama, meningkatnya kompetisi dari berbagai negara dalam merebut pangsa eksyar global, dimana saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-4 di bawah Malaysia, Saudi Arabia dan UEA.
  • Kedua, rendahnya pangsa keuangan syariah akibat basis penabung dan inovasi produk yang masih terbatas, serta jumlah debitur dan basis investor keuangan sosial syariah yang belum kuat.
  • Ketiga, pemanfaatan inovasi teknologi yang masih terbatas.

BACA JUGA : Bank Indonesia Terus Sosialisasikan FESyar Regional Jawa 2023

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Bank Indonesia terus bersinergi memperkuat pengembangan ekonomi syariah melalui 4 langkah strategis, yaitu: Pertama, mendorong terbentuknya ekosistem produk halal secara end-to-end, mulai dari kapasitas pelaku, penguatan kelembagaan, sampai dengan penguatan infrastruktur pendukung. Kedua, dari aspek keuangan syariah kebijakan di sektor keuangan syariah akan fokus pada pengembangan inovasi kebijakan dan instrumen pasar keuangan syariah sebagai alternatif skema pembiayaan dan pendanaan ekonomi Indonesia.

Ketiga, penguatan halal lifestyle, melalui peran ISEF dan FESyar baik sebagai strategic integrator untuk kegiatan Business coaching dan business matching, maupun sebagai forum untuk mengidentifikasi trade opportunity and investment berbasis syariah. Keempat, penguatan peran teknologi digital dalam mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah.

Halaman Selanjutnya: Pada kesempatan yang sama…..