Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 Siapkan Uang Tunai Rp 2,95 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Ramadhan & Idul Fitri

0
8
Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 Siapkan Uang Tunai Rp 2,95 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Ramadhan & Idul Fitri
Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 Siapkan Uang Tunai Rp 2,95 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Ramadhan & Idul Fitri

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari (18 Maret – 16 April 2024) saat Ramadhan menjelang Idul Fitri 1445 H. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 10,5% dibandingkan proyeksi tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, Bank Mandiri mengantisipasi kebutuhan uang tunai sebesar Rp 2,95 triliun. Jumlah itu meningkat sebesar 12% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Vice President Region VIII/Jawa 3 Bank Mandiri Sugiamin mengatakan, langkah ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp 2,1 triliun selama periode 05 – 15 April 2024.

Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 juga telah mengoptimalisasi pengisian 1.610 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di wilayah Jawa Timur.

Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri maupun Livin Merchant.

BACA JUGA : EJAVEC Forum 2024 Tekankan Optimalisasi Sektor Ekonomi Unggulan dan Stabilitas Harga…

Pada periode liburan Idul Fitri tersebut, jelasnya, nasabah juga dapat memanfaatkan sebanyak 30 fasilitas Customer Service Machine (CSM) yang tersebar di wilayah Jawa Timur untuk transaksi non-finansial seperti buka rekening, ambil kartu debit, buka blokir kartu dan ganti kartu debit.

Nasabah dapat membuka blokir kartu secara mandiri bahkan ganti kartu baru lewat mesin CSM dan memilih kartu sesuai kebutuhan dengan membawa kartu lama dan atau KTP dengan memilih menu “Ganti Kartu Debit”. Selain itu, bagi nasabah yang ingin memiliki rekening baru bisa memilih “Buka Rekening” di mesin CSM dengan membawa KTP. Bagi nasabah yang sudah melakukan pembuatan rekening secara online dapat mencetak kartu debitnya melalui CSM dengan menu “Ambil Kartu Debit”. Fasilitas CSM tersedia dan aktif selama 24 jam.

Halaman selanjutnya: Mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Mandiri…..