Bank Syariah Indonesia Perkuat Ekosistem Pesantren

0
42
Bank Syariah Indonesia Perkuat Ekosistem Pesantren
(ki-ka) : Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia Kokok Alun Akbar (tiga dari kanan), Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang M. Wafiyul Adhi (dua dari kiri) dan Presiden Direktur PT Indomobil Prima Energi Gerry Christopher Kertowidjojo (layar, tengah) saat penandatanganan nota kesepahaman pengembangan bisnis mikrosite serta fasilitas pembiayaan di lingkungan pesantren di Jombang, Jumat (11/6/2021)

Jombang, JATIMMEDIA.COM – Bank Syariah Indonesia, PT Indomobil Prima Energi dan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, menandatangani nota kesepahaman pengembangan bisnis mikrosite serta fasilitas pembiayaan di lingkungan pesantren.

Acara ini bertepatan dengan Sinergi Program Mendukung Inklusi Keuangan Pesantren di Jombang, Jumat (11/6/2021).

Hadir pada kesempatan ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia Kokok Alun Akbar.

Dalam nota kesepahaman ini menyebutkan bahwa Bank Syariah Indonesia siap mendukung dan menyalurkan pembiayaan mikro kepada pesantren untuk usaha pengembangan bisnis mikrosite yang menyediakan Mikrosite Exxon Mobil untuk lingkungan pesantren. Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menjadi salah satu pilot project untuk wilayah Jawa Timur.

Bank Syariah Indonesia menyasar pesantren sebagai salah satu ekosistem syariah yang berpotensi dalam pengembangan pendidikan, pembangunan karakter serta pengembangan ekonomi bisnis mikro, dimana jumlahnya mencapai lebih dari 1000 pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki potensi pengelolaan hingga Rp 100 miliar.

Baca juga : Wagub Emil Ajak Influencer Manfaatkan Media Untuk Suarakan Bangga Buatan Indonesia

“Kami optimis dan yakin bahwa pesantren memiliki kekuatan dan pengaruh besar untuk pemulihan ekonomi nasional Indonesia. Untuk itulah kami berupaya menggencarkan literasi dan inklusi keuangan syariah di lingkungan pesantren. BSI siap menjadi mitra perbankan syariah untuk memajukan pesantren sebagai ekosistem halal di Indonesia,” ujar Kokok Alun.

Langkah ini sebagai bentuk dukungan penuh kepada pemerintah untuk bersinergi menumbuhkan kembali perekonomian dengan mendorong sektor UMKM untuk bangkit dan bergerak. Hal ini dibuktikan dengan penyaluran pembiayaan UMKM Bank Syariah Indonesia per Maret 2021 mencapai Rp 35,91 triliun.

Mikrosite Exxon mobil dipilih sebagai salah satu usaha yang akan dikembangkan di pesantren dengan berbagai pertimbangan kapabilitas Indomobil sebagai penyedia jasa bahan bakar yang kompeten serta memiliki jaringan yang luas sehingga diharapkan dapat menjangkau pesantren di seluruh Indonesia.

Baca juga : Bank Jatim Permudah Pembayaran Pajak dan Tiket Wisata Non Tunai di…

“Indomobil mendukung Bank Syariah Indonesia dalam hal penguatan bisnis di pesantren melalui pengembangan bisnis mikrosite exxon mobil. Mudah-mudahan bisnis SPBU mini ini digemari dan bisa menjadi sumber pendapatan baru untuk pengelolaan pesantren,” ujar Gerry Christopher Kertowidjojo selaku Presiden Direktur PT Indomobil Prima Energi. (JM01)