Aplikasi Mobile JKN kini Jadi Favorit Generasi Milenial

0
6
Aplikasi Mobile JKN kini Jadi Favorit Generasi Milenial
Aplikasi Mobile JKN kini Jadi Favorit Generasi Milenial

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Perkembangan zaman di era digitalisasi saat ini mendorong BPJS Kesehatan untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan kesehatan dan pusat informasi yang mudah diakses oleh pesertanya.

Dan aplikasi Mobile JKN adalah salah satu produk yang disediakan untuk akses kemudahan tersebut.

Lyntar Ghendis (27), warga kecamatan Asemrowo Kota Surabaya, menyebutkan, fitur Skrining kesehatan di Mobile JKN menjadi pilihan favorit dirinya sebagai generasi milenial.

“Fitur ini membantu kami generasi milineal yang produktif untuk memantau kondisi kesehatan fisik saat ini atau resiko kedepannya. Karena hanya lewat genggaman saya bisa berhati-hati. Dengan catatan harus mengisi sesuai kondisi agar mendapat hasil yang akurat,” ujar Lyntar.

Saat melakukan skrining kesehatan sesuai kondisi terkini, lanjut Lyntar, fitur ini akan menghasilkan penilaiannya yaitu resiko rendah dan resiko sedang atau tinggi. Jika ternyata hasil menunjukkan resiko rendah, ia bisa lanjut dengan menjaga perilaku hidup sehat. Namun jika ternyata hasil dari skrining tadi resiko tinggi mengarah ke penyakit kronis, maka ia akan diminta melakukan pemeriksaan penunjang di fasilitas kesehatan tempatnya terdaftar.

Baca juga : Elok : Biaya Persalinan Caesarku Semua Ditanggung BPJS Kesehatan

“Jadi fitur skrining kesehatan ini sangat membantu khususnya untuk menyiapkan masa depan, bukan hanya secara finansial tetapi juga kesehatan,” tutur Lyntar.

Lyntar juga mengaku sudah menggunakan aplikasi Mobile JKN ini sejak awal diperkenalkan. Dimana pada awalnya Mobile JKN hanya digunakan untuk melakukan pengecekan status kepesertaan keluarganya. Namun seiring bertambahnya waktu, ia pun mengakui aplikasi Mobile JKN telah mengalami perbaikan dan perkembangan yang pesat.

“Sekarang aplikasi ini fiturnya sudah sangat lengkap. Ada KIS digital yang bisa ditunjukan saat berobat, bisa melihat pembayaran, lalu ada menu konsultasi dokter, juga ada menu kekinian yaitu antrean online untuk berkunjung di fasilitas kesehatan,” lanjut Lyntar.

Baca juga : Ini Panduan Pencegahan COVID-19 dari Kemenag saat Perayaan Natal 2021

Dengan adanya antrean online ini, tambah Lyntar, maka tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk antre di fasilitas kesehatan, karena bisa datang sesuai waktu yang telah ditentukannya, sehingga menjadi lebih efisien.

“Cukup mudah kok cara penggunaannya. Tinggal login, kemudian pilih menu pendaftaran pelayanan dan menyelesaikan prosesnya sampai dengan pemilihan poli dan jadwal kunjungan, serta mengisi keluhan yang saya alami, dan saya sudah terdaftar di antrean. Nanti tinggal datang saja. Sangat mudah digunakan,” jelasnya.

Merasakan kemudahan ada dalam genggamannya, Lyntar berharap fitur skrining kesehatan dapat lebih dimaksimalkan. Harapannya skrining kesehatan yang dilakukan setahun sekali dapat dilakukan dua kali dalam setahun.

Baca juga : Yayasan BSMU Resmikan Rumah Tahfidz Quran Bina Santri Indonesia di Magetan

“Karena penting sekali bagi kita dimasa seperti ini untuk tetap menjaga kesehatan kita. Saya pun berharap BPJS Kesehatan tetap terus berinovasi agar peserta JKN dapat selalu merasakan kemudahan layanan kesehatan yang disediakannya,” tutup Lyntar. (JM01)