BPJamsostek Surabaya Catatkan Pekerja yang Sudah Dapat BSU Mencapai  497.622

0
53
BPJamsostek Surabaya Catatkan Pekerja yang Sudah Dapat BSU Mencapai  497.622
BPJamsostek Surabaya Catatkan Pekerja yang Sudah Dapat BSU Mencapai  497.622

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Guna membantu pekerja yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19, baru-baru ini Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan bantuan subsidi upah (BSU) yang disalurkan secara langsung melalui rekening masing-masing pekerja.

Menurut data BPJamsostek Surabaya Raya, tercatat sudah sebanyak 497.622 pekerja di sekitar kota Surabaya, telah mendapatkan BSU ini.

Kepala Cabang BPJamsostek Karimunjawa, Muhyidin mengatakan, sampai dengan saat ini, jumlah pekerja yang terdaftar sebanyak 890 ribu dan yang mendapatkan BSU 497.622. Sisanya yang tidak mendapatkan BSU adalah peserta bukan penerima upah, jasa konstruksi serta tenaga migran.

“Jumlah ini sudah memenuhi 100 persen target di empat kantor cabang BPJamsostek yang ada di Surabaya Raya yakni Karimunjawa, Rungkut, Darmo dan Perak,” terangnya pada awak media di Surabaya, Selasa (6/10/2020).

Muhyidin  juga menambahkan, jumlah pekerja tersebut telah memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permennaker) No 14/2020 di antaranya aktif menjadi peserta hingga Juni 2020 dan upah di bawah Rp 5 juta.

Ia juga menjelaskan bahwa program BSU yang digulirkan oleh pemerintah kepada pekerja penerima upah ini membuat sejumlah perusahaan berlomba-lomba membayar tunggakan mereka selama ini.

“Ada peningkatan kepatuhan perusahaan, tetapi jumlahnya saya belum merekap. Termasuk berapa persen peserta baru yang juga ingin mendapatkan program itu,” tambah Muhyidin.

Saat proses  pengumpulan data, lanjut Muhyidin, banyak kendala yang juga muncul. salah satunya adalah karena nomor rekening bank yang diberikan tidak atas nama pribadi pekerja itu sendiri.

“Untuk itu, BPJamsostek bekerjasama dengan perbankan agar bisa membuatkan nomer rekening atas nama pekerja tersebut,” tambahnya.

Diketahui, selain BSU, selama pandemi terjadi, BPJamsostek juga memberikan relaksasi khusus Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematiam (JKM) memberikan diskon hingga 99 persen. Sehingga, peserta hanya membayar iuran sebesar 1 persen. (JM01)