BPJS SATU Bisa Jadi Solusi Atasi Fraud

0
33
BPJS SATU Bisa Jadi Solusi Atasi Fraud
BPJS SATU Bisa Jadi Solusi Atasi Fraud

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), serta meningkatkan kepuasan peserta. Salah satunya adalah dengan mengembangkan BPJS SATU (Siap Membantu).

“BPJS SATU bertujuan untuk kemudahan layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta. Artinya, bagi peserta yang berada di Rumah Sakit tidak perlu bingung jika mengalami kendala dalam berobat, karena kami hadir untuk memberikan kemudahan layanan informasi dan menyelesaikan kendala yang dihadapi peserta,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Kantor Cabang Surabaya, Eka Wahyudi, ketika dihubungi jatimmedia.com melalui WA.

Artinya, lanjut Eka, apabila ada peserta yang sedang berobat di rumah sakit dan membutuhkan informasi terkait Program JKN-KIS, atau ingin menyampaikan pengaduannya terkait pelayanan yang didapatkan, mereka bisa langsung menemui petugas BPJS SATU!.

Baca juga : Leli : Antrian Online Mobile JKN Sangat Membantu dan Memudahkan Berobat

“Nanti petugas BPJS SATU akan membantu menyampaikan informasi yang dibutuhkan dan juga langsung menyelesaikan pengaduan dari peserta tersebut di rumah sakit,” tambahnya.

Agar lebih mudah dikenali peserta, lanjut Eka, petugas BPJS SATU menggunakan rompi khusus berwarna kuning yang bertuliskan BPJS SATU.

“Selain itu, petugas BPJS SATU! tidak hanya berada di loket, tetapi juga berkeliling di Rumah Sakit untuk menemui peserta yang membutuhkan informasi dan menyampaikan keluhan,” tambah Eka.

Baca juga : EJAVEC 2021 Tekankan Pentingnya Riset dan Inovasi Bagi Kebijakan

Eka Wahyudi juga menambahkan bahwa dalam pengembangannya, di tahun 2021 ini BPJS Satu juga mulai ada di Layanan fasilitas Kesehatan primer, dimana peran dan fungsinya sama dengan yang ada di RS.

BPJS SATU Bisa Jadi Solusi Atasi Fraud

Sementara terpisah, Ketua BPJS Watch Jawa Timur, Arif Suprioyono menilai, dengan adanya BPJS SATU akan membuat RS lebih peduli dalam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat, khususnya peserta JKN-KIS.

“Ini sangat baik. Kaarena dengan adanya BPJS SATU, masalah yang mungkin timbul dan dialami peserta JKN-KIS di RS bisa segera diatasi dan gak perlu menunggu lama,” terangnya.

Lebih jauh Arif juga menekankan bahwa dengan adanya BPJS SATU ini, maka peluang terjadinya tindakan kecurangan (fraud) oleh RS bisa semakin diminimalisir karena bisa segera ketahuan dan bisa segera diatasi.

Baca juga : Jawa Timur Kejar Target 34 Ribu Hektare Restorasi Mangrove

“Kalau RS macam-macam, sekarang pasien bisa langsung menghubungi petugas BPJS SATU dan masalahnya bisa langsung diselesaikan. Jadi peluang untuk terjadinya fraud oleh RS bisa dikurangi. Tentu ini saangat baik untuk BPJS Kesehatan,” terang Arif. (JM01)