Daimler Memulai Era Baru sebagai Mercedes-Benz Group

0
4
Daimler Memulai Era Baru sebagai Mercedes-Benz Group
Daimler Memulai Era Baru sebagai Mercedes-Benz Group

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Daimler AG telah menjadi Mercedes-Benz Group AG pada 1 Februari 2022. Setelah debut pasar saham Daimler Truck yang sukses, fokus baru Grup pada bisnis otomotif digarisbawahi dengan nama baru.

Merek terkenal di dunia Mercedes-Benz diciptakan pada tahun 1926 ketika perusahaan pendahulu Carl Benz dan Gottlieb Daimler bergabung dengan tujuan untuk merevolusi produksi mobil. Kedua perintis telah mempresentasikan penemuan inovatif mereka secara independen satu sama lain pada tahun 1886, menandai awal dari era otomotif.

Dalam proses penggantian nama Daimler AG menjadi Mercedes-Benz Group AG, simbol bursa perusahaan juga berubah dari DAI menjadi MBG. Sementara untuk pemegang saham tidak akan ada perubahan lebih lanjut. Saham Mercedes-Benz Group AG akan tetap terdaftar di indeks saham blue-chip DAX Jerman.

Ola Källenius, Ketua Dewan Manajemen Mercedes-Benz Group AG mengatakan, penggantian nama menjadi Mercedes-Benz Group AG menggarisbawahi fokus strategis baru perusahaan. Dan dalam melakukannya, pihaknya ingin memperjelas inti dari perusahaan yaitu membangun mobil yang paling diinginkan di dunia.

“Bintang Mercedes selalu menjadi janji untuk masa depan: Mengubah masa kini untuk memperbaikinya. Kami ingin melanjutkan warisan pendiri kami ini dengan memimpin dalam mobilitas listrik dan perangkat lunak kendaraan,” ujarnya melalui media rilis, Jumat (4/2/2022).

Baca juga : Capaian Vaksinasi Ketiga (Booster) Jatim Tertinggi Secara Nasional .

Sejalan dengan penggantian nama Daimler AG, Daimler Mobility AG juga mengadaptasi mereknya: Dengan nama Mercedes-Benz Mobility AG, perusahaan ini menawarkan layanan mobilitas untuk mobil penumpang dan van di bidang pembiayaan, penyewaan dan asuransi.

Selain itu, divisi keuangan dan mobilitas memungkinkan pelanggan Mercedes-Benz untuk menggunakan kendaraan mereka secara fleksibel melalui model sewa dan berlangganan, manajemen armada dan layanan digital untuk pengisian dan pembayaran.

Dengan penggantian nama Daimler, perusahaan menyelesaikan penataan kembali bersejarah yang dimulai tahun lalu dan telah disetujui oleh sebagian besar pemegang saham. Pada 10 Desember 2021, Daimler Truck Holding AG diluncurkan sebagai perusahaan independen di Bursa Efek Frankfurt. Grup Mercedes-Benz yang baru dengan demikian sepenuhnya berkonsentrasi pada merek mobil penumpang Mercedes-Benz, Mercedes-AMG, MercedesMaybach dan Mercedes-EQ serta van.

Sebagai produsen terfokus dengan merek otomotif mewah paling berharga di dunia, Grup akan dapat sepenuhnya mengembangkan potensi ekonominya di masa depan dan memanfaatkan kekuatan kompetitifnya dengan lebih baik. Setelah penataan kembali Daimler Group orisinil, Mercedes-Benz Group masih memegang saham minoritas sebesar 35% di Daimler Truck Holding AG, dari jumlah ini, sekitar 5% disimpan dalam aset pensiunnya.

Baca juga : Pencapaian Positif di 2021 Angkat Optimisme Isuzu di 2022

Ola Källenius menambahkan, perubahan nama perusahaan dari Daimler AG menjadi Mercedes-Benz Group AG, dipastikan tidak mempengaruhi keberlangsungan perjanjian kerjasama atau kontrak yang dibuat dan ditandatangani oleh dan antara PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dengan pihak ketiga, sepanjang tidak berkaitan dengan perubahan tersebut.

“Oleh karenanya perjanjian kerjasama atau kontrak tersebut tetap dinyatakan berlaku dan mengikat tanpa diperlukan suatu amandemen atau addendum,” terang Ola Källenius. (JM01)