DANA Catat Rekor Jumlah Pengguna Baru

0
7
DANA Catat Rekor Jumlah Pengguna Baru
DANA Catat Rekor Jumlah Pengguna Baru

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Dompet digital DANA berhasil menutup tahun 2021 dengan mencatatkan rekor jumlah pengguna baru. Selain faktor pandemi yang mendorong masayarakat untuk bertransaksi secara contactless, keberhasilan ini tidak lepas dari komitmen DANA untuk menjadi jembatan bagi ekosistem ekonomi digital di Tanah Air.

Komitmen tersebut diwujudkan baik melalui inovasi dengan terus melakukan pembaruan atau menghadirkan fitur baru, maupun melalui kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan.

Sepanjang 2021, jumlah pengguna DANA bertambah 45 juta sehingga mencapai total 95 juta pengguna. Sementara secara tahunan, perolehan ini merupakan yang tertinggi sepanjang perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada Desember 2018 sekaligus melanjutkan tren pertumbuhan yang positif.

“Pertumbuhan pengguna kami juga menandakan kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital. Dengan mengedepankan teknologi inovasi dalam fitur-fitur kami, masyarakat telah melihat dompet digital sebagai sebuah kebutuhan. Sehingga, promosi tidak lagi menjadi faktor utama yang mempengaruhi mereka untuk mengadopsi dompet digital seperti DANA,” ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANA, Jumat (28/1/2022).

DANA juga mencatat sepanjang 2021, jumlah pengguna aktif naik hingga 101%. Sejalan dengan itu, volume transaksi tumbuh 143% (year on year) dengan rata-rata 7 juta transaksi per hari.

Baca juga : OJK Keluarkan Ketentuan Penyempurnaan PAYDI dan Fintech Lending

Pertumbuhan juga terjadi pada sejumlah fitur yang selama ini menjadi favorit pengguna, yaitu QRIS Payment, transaksi online merchants, DANA Biller untuk pembayaran tagihan rutin, Kirim uang, dan fitur DANA Bisnis yang berhasil meningkatkan transaksi 400.000 mitra UMKM sebesar 35%. Pertumbuhan juga terjadi pada fitur Top Up sebesar 168%.

Fitur ‘Simpan Kartu’ (Card binding) juga makin diminati oleh pengguna. Jumlah pengguna yang menyimpan kartu (debit maupun kredit) di DANA tumbuh 34% di 2021. Sementara jumlah kartu yang disimpan dalam dompet digital DANA sepanjang 2021 meningkat 29%.

Di tahun 2021, DANA tetap mengedepankan pengalaman bertransaksi digital pengguna lewat tiga pilarnya, yaitu trusted, friendly dan accessible.

Guna meningkatkan keamanan, DANA juga menambah lapisan verifikasi yang kian canggih termasuk mengimplementasikan DANA VIZ untuk untuk menjaga data dan transaksi pengguna lewat verifikasi wajah.

Baca juga : Jatim Pertahankan Sebagai Provinsi Sentra Produksi Susu Sapi Tertinggi Nasional

Dari segi keramahan pengguna, DANA juga terus memperbarui tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna pada versi terbarunya dan menambahkan DANA Points sebagai bentuk apresiasi pengguna yang telah melakukan transaksi digital lewat DANA.

Sementara dari segi aksesibilitas, DANA memiliki ekosistem terbuka (open platform) yang memungkinkannya untuk mengembangkan kapabilitas DANA dalam berbagai aktivitas, mendukung kebijakan pemerintah, hingga memperluas mitra global. Misalnya, dengan menyematkan fitur Manage Limit Card dan Biller Subscription & Reminder, pengguna dapat mengontrol keuangannya langsung lewat DANA.

Selain itu, DANA juga mendukung sejumlah kebijakan dan inisiatif pemerintah seperti implementasi QRIS, Mitra Kartu Prakerja, Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3), dan sejumlah program lainnya. Hingga akhir 2021, DANA juga berhasil menggandeng sejumlah mitra global di antaranya TikTok, Google Play, Steam, Huawei Store, dan Netflix.

Disisi lain, Dedy Sahat, Director of Business Development DANA menegaskan, DANA tidak melihat lembaga keuangan dan perbankan sebagai pesaing, melainkan mitra strategis untuk mempercepat inklusi keuangan digital.

Baca juga : Bank Jatim Gandeng Diknas Provinsi Jatim dalam Penyaluran Dana BOS

“Karena itu, di tahun 2021 ada belasan program maupun kampanye yang kami lakukan dengan mitra perbankan,” katanya.

Untuk tahun ini, DANA akan berfokus dalam mengoptimalkan pengalaman bertransaksi digital pengguna dengan memperluas fiturnya termasuk menyediakan layanan finansial kepada konsumen dan menambahkan beberapa inisiatif untuk merchant. (JM01)