Dukung Gerakan Merdeka Berkarir, Bank Jatim Salurkan CSR ke Disnakertrans Jawa Timur

0
5
Dukung Gerakan Merdeka Berkarir, Bank Jatim Salurkan CSR ke Disnakertrans Jawa Timur
Dukung Gerakan Merdeka Berkarir, Bank Jatim Salurkan CSR ke Disnakertrans Jawa Timur

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung program-program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Salah satu contohnya lewat kegiatan Job Fair 2023 dengan tagline Merdeka Berkarir pada hari Selasa (19/9/2023).

Dalam rangkaian acara Job Fair 2023 di Galaxy Exhibition Center Surabaya, dan dihadiri oleh Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa, bankjatim menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa mobil ambulans kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Direktur utama bankjatim Busrul Iman kepada Kepala Disnakertrans Jawa Timur Himawan Estu Bagijo.

”Ambulans ini digunakan untuk membantu memfasilitasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur, baik yang dalam kondisi sakit maupun jenazah PMI yang meninggal dunia,” tutur Busrul.

Menurutnya, bantuan berupa 1 unit ambulans tersebut sebagai wujud kecintaan dan kepedulian bankjatim kepada masyarakat Jawa Timur yang telah memberikan kepercayaan kepada perusahaan dalam mengembangkan bisnis.

“Semoga bankjatim bisa terus memberikan kontribusi yang positif untuk negeri. Oleh karena itu, kami siap berkolaborasi serta bersinergi di berbagai bidang demi kemajuan bersama,” tegas Busrul.

Selain penyerahan CSR, dalam kesempatan tersebut juga berlangsung penandatanganan pakta bersama untuk mendukung Gerakan Merdeka Berkarir sebagai upaya menyiapkan angkatan kerja Jawa Timur sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi demi menyambut Indonesia Emas 2045. Beberapa institusi terlibat dalam penandatanganan pakta tersebut, termasuk bankjatim.

BACA JUGA : Bank Jatim bersama Pemkab Madiun Launching E-Retribusi Pasar & Siskeudes 

”Kerja sama seperti ini membuktikan komitmen kuat perusahaan dalam mendorong dunia pendidikan dan mendukung program pemerintah dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” tutur Busrul.

Sementara itu, dalam sambutannya, Khofifah mengatakan, untuk mempercepat seseorang mendapatkan lapangan kerja, harus ada keselarasan antara kebutuhan dunia kerja dan dunia usaha dengan kompetensi yang dimililiki oleh masyarakat.

”Kami bersyukur karena Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Jawa Timur per Februari 2023 berada di angka 4,33 persen, lebih rendah dibanding nasional yang sebesar 5,45 persen. Saya harap angka ini bisa terus turun dengan cara agresif membangun sinergitas yang seproduktif mungkin,” paparnya.

Dalam Job Fair tersebut, Pemprov Jawa Timur melalui Disnakertrans Jawa Timur juga mendorong inklusifitas bagi tenaga kerja disabilitas dengan menghadirkan lowongan kerja bagi mereka.

“Ini sudah komitmen kami supaya tenaga kerja disabilitas mendapat lapangan pekerjaaan,” ujar Khofifah.

BACA JUGA : Bank Jatim Tandatangani Nota Kesepahaman dengan SIER Untuk Dorong Pertumbuhan Investasi…

Inklusifitas atau kesetaraan bagi semua angkatan kerja, tambah Khofifah, adalah bagian dari komitmen bersama. Tidak hanya di sektor tenaga kerja namun juga dalam pendidikan, kesehatan, dan ruang pelayanan publik lainnya.

”Jadi perlu adanya kesetaraan perlakuan di antara masyarakat Jawa Timur di segala sektor, terutama terhadap masyarakat penyandang disabilitas. Serta yang tidak kalah penting lagi adalah mendukung para job creator, seperti perusahaan start up yang bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ungkapnya. (JM01)