Indah Kurnia Sosialisasikan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di Babatan Wiyung Surabaya

0
66
Indah Kurnia Sosialisasikan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di Babatan Wiyung Surabaya
Indah Kurnia Sosialisasikan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di Babatan Wiyung Surabaya

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sosialisasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah dilaksanakan oleh Bank Indonesia bersama Indah Kurnia di RW 05 Kelurahan Babatan, Kec Wiyung Surabaya, Minggu (6/8/2023). Acara yang dikemas dengan jalan sehat dan berlangsung meriah ini, dihadiri ratusan warga. Puluhan doorprize menarik juga disiapkan bagi ratusan warga yang hadir sejak pagi di halaman balai RW ini.

Ketua RW 05 Choirul Bachri dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Indah Kurnia dan Bank Indonesia karena sudah berkenan hadir dan menyapa warga, serta menghadirkan mobil pintar di lingkungan desanya.

“Warga kami bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru terkait gerakan cinta, bangga dan memahami rupiah. Semoga nantinya warga bisa lebih bisa menjaga dan menghargai uang rupiah,” ujarnya.

Adam, Ginaris, dan Datje yang hadir mewakili Bank Indonesia Jawa Timur tampil bersama memberikan pemahaman mengenai Rupiah dihadapan warga. Mereka menyampaikan bahwa Bank Indonesia berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Rupiah.

Mereka juga menyebut bahwa Sosialisasi ini untuk memastikan pemahaman masyarakat mengenai rupiah secara lengkap. Tidak hanya merawat fisik uang agar tidak gampang rusak. Namun juga bangga terhadap rupiah. Kata Datje, dalam UUD sudah disebutkan, salah satu indikator kedaulatan bangsa Indonesia adalah mata uang rupiah.

“Maka kita harus jaga jangan sampai masyarakat tidak nyaman menggunakan rupiah lalu memakai mata uang lain,” ungkapnya.

Banyak warga yang terlibat interaksi dalam sesi tanya jawab bersama Bank Indonesia tersebut. Salah satu pertanyaan datang dari Esa warga RW 05 Kelurahan Babatan. Ia menanyakan bagaimana sikap kita bila mendapatkan uang palsu. Adam menjawab bahwa sebaiknya bila mendapatkan uang palsu segera melaporkan kepada pihak kepolisian. Atau juga bisa mendatangi Bank Indonesia.

BACA JUGA : Indah Kurnia dan OJK Sosialisasikan Waspada Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal Lewat Senam dan…

“Jangan malah uang tersebut dipakai untuk transaksi lagi, sebab nantinya Bapak bisa dianggap sebagai pengedar uang palsu,” tambahnya.

Adam juga menegaskan, bila uang tersebut didapat dari mesin ATM maka sebaiknya kita memperlihatkan uang tersebut di cctv yang ada di ATM dan mencatat jam pada saat penarikan lalu segera melaporkannya kepada pihak Bank sesuai dengan mesin ATM tersebut.

Sementara itu Indah Kurnia anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu simbol kedaulatan bangsa, yakni mata uang. Sehingga, jika bangga menjadi warga Indonesia, juga harus bangga dengan uang rupiah.

Indah mengajak warga Babatan agar memahami dan memperlakukan Rupiah dengan baik. Bukan hanya dalam arti fisik, namun juga bagaimana menggunakan (rupiah) itu untuk spending better (belanja yang berkualitas).

“Berdasarkan prioritas kebutuhan, terutama yang produktif. Jadi itu caranya kita mengharga dan memahami rupiah,” jelasnya.

Indah melanjutkan bahwa aksi mencintai, bangga dan memahami rupiah menjadi awal masyarakat bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara, melalui kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA : Sosialisasi Waspada Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal, Indah Kurnia Beri Emas

“Saya bangga dan mengapresiasi Bank Indonesia yang tiada henti berinovasi membuat program, salah satunya memberikan edukasi ke masyarakat agar cinta, bangga dan memahami rupiah,” sebutnya.

Pada saat proses pengundian Doorprize Indah sempat mengajak peserta yang hadir untuk menari line dance. Puluhan peserta ikut bersama2 melakukan gerakan line dance diatas panggung. (JM01)