Ini Cara Bank Mandiri Pertemukan UMKM dengan Pelanggan

0
7
Ini Cara Bank Mandiri Pertemukan UMKM dengan Pelanggan
Ini Cara Bank Mandiri Pertemukan UMKM dengan Pelanggan

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Di masa pandemi seperti sekarang ini, peranan perbankan sangat krusial bukan hanya dalam hal restrukturisasi kredit namun juga pemberdayaan bagi UMKM di lingkungan sekitar bank itu sendiri.

Hal ini pula yang dilakukan Bank Mandiri Area Surabaya Gentengkali melalui kerjasama dengan Kecamatan Genteng untuk memfasilitas UMKM di sekitar area dalam memamerkan produk-produknya.

Evi Martiani, Area Head Bank Mandiri Surabaya Gentengkali menjelaskan, ada 3 hal yang sangat dibutuhkan oleh pengusaha kecil, khususnya UMKM di kondisi pandemi seperti sekarang ini.

“Diantaranya adalah intensitas pertemuan dengan pembeli, kepemilikan data pelanggan, dan channel pembayaran yang mudah,” terangnya melalui siaran pers yang diterima jatimmedia.com, Rabu (23/6/2021).

Ini Cara Bank Mandiri Pertemukan UMKM dengan Pelanggan
Beberapa produk UMKM yang dipamerkan di banking hall Bank Mandiri Surabaya Gentengkali

Evi menambahkan, Bank Mandiri Area Surabaya Gentengkali membuka kesempatan bagi UMKM di sekitar lokasi untuk memamerkan produknya di banking hall, dengan harapan agar nasabah Bank Mandiri juga bisa melihat produk-produk yang dipamerkan dan akhirnya membeli produk UMKM tersebut.

Baca juga : Kebutuhan Pembiayaan Perbankan pada Mei 2021 Meningkat

Selain itu, lanjutnya, di kondisi pandemi saat ini pengusaha kecil dibatasi oleh aturan protokol kesehatan serta waktu yang singkat dimana mereka bisa menjajakan produknya kepada calon pembeli.

“Dengan adanya wadah yang disediakan oleh Bank Mandiri ini, diharapkan para pengusaha UMKM bisa mendapatkan data pelanggan yang cukup, serta waktu penjajakan produk yang efektif guna mendukung eksistensi usahanya,” terang Evi.

Bank Mandiri, terang Evi, memberikan kemudahan sarana bertransaksi yang juga mampu mencegah penularan virus Covid-19 melalui channel pembayaran non tunai, QRIS.

Baca juga : Bank Jatim Permudah Transaksi pada 8 Layanan Publik Kota Mojokerto

“UMKM yang memamerkan produknya di banking hall Bank Mandiri Area Surabaya Gentengkali diwajibkan untuk bertransaksi secara non tunai dengan menggunakan QRIS, yaitu barcode yang bisa discan oleh pembeli,” jelasnya.

Dengan menggunakan QRIS, diharapkan seluruh pembeli dapat membeli produk UMKM yang dipamerkan tanpa perlu bertukar uang tunai dan bersentuhan langsung antara penjual dan pembeli, cukup dengan melakukan scan barcode yang telah terpasang di masing-masing tenant UMKM.

“Dengan adanya metode transaksi non tunai menggunakan QRIS ini diharapkan dapat mengedukasi UMKM dan masyarakat pada umumnya, bahwa di era digital ini Bank Mandiri hadir dengan memberikan kemudahan, kenyaman dan keamanan bertransaksi secara real time yang tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah kondisi pandemi ini,” jelas Evi.

Baca juga : Wagub Emil Optimis PPKM Mikro Mampu Kurangi Penyebaran Covid-19 di Bangkalan

Selain itu, dengan adanya channel pembayaran melalui QRIS, pengusaha UMKM juga akan mendapatkan data pelanggan yang telah membeli produknya. Database yang didapatkan tersebut dapat digunakan sebagai sarana promosi yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan pengusaha UMKM. (JM01)