Iwan Sunito : Kunci Keberhasilan adalah Bagaimana Kita Bangkit dari Keterpurukan

0
6
Iwan Sunito : Kunci Keberhasilan adalah Bagaimana Kita Bangkit dari Keterpurukan
CEO dan Komisaris Crown Group, Iwan Sunito

“Dalam 5 tahun ke depan kami sudah merencanakan pembangunan hunian mixed-use di Melbourne, Brisbane, Los Angeles dan mungkin di negara kelahiran saya, Indonesia,” Iwan memaparkan.

Melihat apa yang telah dicapainya, Iwan merasa bersyukur. “Sebuah pencapaian yang mungkin beyond my wildest dream ketika pertama kali kami mendirikan Crown Group pada tahun 1996 dengan proyek hunian awal senilai Rp 280 miliar,” katanya.

Baca juga : New Fortuner Hadir Dengan Mesin Baru Lebih Bertenaga  

Dia juga menyatakan ini semua tak akan pernah tercapai tanpa dukungan sebuah tim yang mampu bekerjasama dengan baik selama 25 tahun terakhir.

“Satu hal yang sangat saya syukuri adalah saya telah dianugerahi sebuah tim yang mampu bekerja sama satu sama lainnya dalam kondisi apa pun, dan ini menjadikan kami bukan hanya sebagai satu unit yang utuh namun juga sebagai sebuah keluarga besar,” ujar Iwan.

Iwan juga menjelaskan bahwa ia tidak pernah merasa ingin menjadi seorang atasan atau boss, namun lebih ingin dilihat sebagai seorang pemimpin untuk tim dan keluarganya.

“Menjadi seseorang yang mampu memberi dorongan moril, berfokus kepada potensi, mendengarkan anggota tim, memotivasi dan terus melakukan coaching kepada semua anggota tim,” tegasnya, sambil menjelaskan bahwa filosofi ini terinspirasi pendiri Ford Motor Company, Henry Ford, yang mengucapkan “If someone is moving forward together, then success takes care of itself.

Kembali ke perjalanan selama pandemi Covid-19, Iwan meyakini di balik setiap tantangan, selalu terselip peluang. Persoalannya tinggal kembali pada mindset kita masing-masing.

Baca juga : Pemulihan Ekonomi Di Jatim Efektif, Nilai Ekspor Jatim Desember 2021 YoY …

“Kita tidak boleh putus asa, karena persistence breaks resistance. Tetaplah solid karena keberhasilan adalah buah dari kerja keras dan keuletan yang kita lakukan selama ini, karena pelajaran terpenting kehidupan yang pernah ajarkan kepada kita adalah bagaimana bangkit dari keterpurukan serta belajar dari kesalahan,” tutup Iwan. (JM01)