Percepat Transformasi Digital, Indosat Hadirkan Empowering Indonesia Forum

0
28
Percepat Transformasi Digital, Indosat Hadirkan Empowering Indonesia Forum
Percepat Transformasi Digital, Indosat Hadirkan Empowering Indonesia Forum

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menyelenggarakan Empowering Indonesia Forum, sebuah diskusi panel yang menyatukan ide para pemimpin berpengaruh dari perusahaan-perusahaan terbaik dunia, para eksekutif bisnis, dan pembuat kebijakan terkemuka di Indonesia.

Forum ini bertujuan untuk berbagi keahlian pemanfaatan teknologi mutakhir, menciptakan solusi berkelanjutan, dan membuka peluang pertumbuhan tanpa batas bagi pembangunan sosial serta pertumbuhan ekonomi Indonesia.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, Indosat percaya bahwa Gotong Royong merupakan kunci untuk mencapai tujuan, yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

“Berangkat dari semangat itu, Empowering Indonesia Forum telah menjadi wadah untuk berdiskusi dan berkolaborasi bersama mitra strategis kami untuk mengatasi segala tantangan serta turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam waktu dekat,” ujarnya, Selasa (30/5/2023).

Vikram menambahkan, Empowering Indonesia Forum membahas kondisi Indonesia di tahun 2025, potensi pasar Indonesia dan Asia Tenggara, serta bagaimana Indosat dan mitra strategisnya dapat saling berkontribusi dalam memaksimalkan potensi tersebut.

Bersama Google, Tech Mahindra, dan Bank Jago, lanjutnya, forum ini menghasilkan tiga komitmen inti untuk memberdayakan Indonesia, yaitu: Menciptakan bersama TIK dan infrastruktur pembayaran generasi berikutnya menggunakan AI, IoT dan 5G untuk memperkuat industri kunci bangsa; merevolusi UMKM menggunakan solusi cloud mutakhir; dan mendorong literasi digital.

BACA JUGA : Gubernur Jatim Resmikan Desa Pendulum Devisa Binaan Bank Jatim

Karan Bajwa, Vice President, Asia Pasifik, Google Cloud mengatakan, Indonesia dan Asia Tenggara telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, karena masyarakat dan bisnis telah merangkul kemampuan digital untuk mencapai apa yang sebelumnya harus dilakukan secara langsung.

Karena Google Cloud berupaya memungkinkan pertumbuhan berkelanjutan di seluruh wilayah ini, lanjutnya, forum hari ini telah berfungsi sebagai platform untuk mendiskusikan inisiatif baru yang dapat diterapkan dalam skala besar dengan sekelompok mitra yang berpikiran sama.

“Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan organisasi seperti Indosat, Bank Jago, dan Tech Mahindra untuk menghadirkan infrastruktur digital yang terukur dan hemat energi, solusi cloud AI tingkat perusahaan, dan program keterampilan yang diperbarui untuk membina tenaga kerja yang siap menghadapi masa depan. Ini adalah komponen penting untuk memajukan inklusi digital dan memberdayakan bisnis untuk mempertahankan jalur mereka menuju profitabilitas, di tengah kondisi ekonomi makro saat ini,” jelasnya.

BACA JUGA : Bank Mandiri Salurkan Pembiayaan Kendaraan Listrik Sebesar Rp 143 miliar

Sementara CP Gurnani, Managing Director dan Chief Executive Officer, Tech Mahindra menambahkan, di Tech Mahindra, pihaknya berkomitmen penuh untuk memberdayakan Indonesia dan mempercepat transformasi digital di Tanah Air melalui Gotong Royong. Dengan keahlian dalam teknologi inovatif generasi berikutnya seperti AI, IoT, komputasi awan, dan lain-lain, pihaknya siap untuk berkontribusi pada tujuan ambisius ini.

“Bersama-sama, kita akan membangun infrastruktur TIK dan sistem pembayaran generasi mendatang, merevolusi UMKM dengan solusi cloud mutakhir dan mendorong literasi digital. Melalui upaya kolaboratif ini, kami tidak hanya akan memperkuat ekonomi digital Indonesia tetapi juga menciptakan efek riak dari pertumbuhan ekonomi yang positif, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kesejahteraan,” kata Gunarni.

Jerry Ng, Komisaris Utama Bank Jago mengatakan, Forum ini tepat waktu, karena tujuan bersama dalam membawa Indonesia mewujudkan potensinya sebagai salah satu ekonomi terbesar di dunia, hanya dapat dicapai melalui kolaborasi berbasis kepercayaan lintas sektor. Bank Jago benar-benar merasa terhormat menjadi bagian dari misi penting ini.

BACA JUGA : Pemprov Jatim Menjadi Pengelola Katalog Dengan Etalase Terbanyak Nasional

Sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk menghasilkan Rp 3.216 triliun dalam ekonomi digital, atau setara dengan 14% PDB di tahun 2027, tambah Vikram, forum Empowering Indonesia menggabungkan keahlian inti dari setiap mitra strategis kami untuk memperkuat berbagai inisiatif yang sedang berjalan serta menghadirkan terobosan-terobosan digital baru.

“Bersama-sama, kami berkomitmen untuk membentuk ekosistem mitra yang memperkuat diri untuk membangun produk, layanan, dan pengalaman pelanggan untuk memperkuat ekonomi digital dan masyarakat Indonesia,” tutup Vikram. (JM01)