Lebih dari 130.000 Ibu-ibu di Indonesia Sudah Punya Toko Virtual Alfamart Lewat Mindstores

0
5
Lebih dari 130.000 Ibu-ibu di Indonesia Sudah Punya Toko Virtual Alfamart Lewat Mindstores
Lebih dari 130.000 Ibu-ibu di Indonesia Sudah Punya Toko Virtual Alfamart Lewat Mindstores

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – WIR Group melalui anak usahanya, Mindstores, berhasil mengajak lebih dari 130.000 masyarakat Indonesia, yang sebagian besar Ibu-ibu, untuk bergabung melalui bisnis toko virtual Alfamart lewat aplikasi Alfamind, yang dibangun oleh Mindstores, dimana hingga akhir 2022 telah menjual 15 ribu produk terdaftar dengan puluhan ribu transaksi perbulan, di lebih dari 400 kota di Indonesia.

Pertumbuhan jumlah pelaku usaha ibu-ibu ini merupakan pencapaian Mindstores sekaligus sumbangsihnya bagi perekonomian Indonesia dalam pengembangan usaha kecil dan menengah. Data pada Kemenkop UKM menunjukkan bahwa UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61 persen dan mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

Kehadiran toko virtual Alfamart selain membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, terutama ibu rumah tangga di Indonesia, juga mampu memberikan produktivitas ekonomi.

Alfamind, hasil kolaborasi Alfamart dan Mindstores memberikan peluang bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki toko sendiri dengan modal minim yang bisa berjualan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus berurusan dengan operasional produknya. Alfamind merupakan pionir dari jaringan toko virtual di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality, Virtual Reality, dan Artificial Intelligence.

BACA JUGA : Sukses Dalam Transformasi Digital, Bank Jatim Raih Top Digital Awards 2022

“Dengan konsep bisnis B2B2C yang dihadirkan Alfamind, ibu-ibu dapat berpartisipasi dalam kegiatan bisnis dengan cara menjual produk-produk Alfamart langsung ke pelanggan. Oleh karena itu, model bisnis seperti ini sangat laku di pasaran terutama di kota-kota tier 2 dan 3 karena masyarakat di kota tersebut merasakan untuk mengkonsumsi barang-barang yang notabene sering dikonsumsi oleh masyarakat kota tier 1.” kata Adian Adhitama Bachtiar, CEO Mindstores.

Kesuksesan aplikasi Alfamind ini tentunya ditopang oleh teknologi yang dikembangkan Mindstores, developer yang telah membangun sistem bisnis teknologi tersebut secara keseluruhan.

Gupta Sitorus, Chief of Sales and Marketing WIR Group mengatakan, Mindstores sebagai salah satu anak usaha kami di WIR Group, telah memberikan solusi dagang berbasis teknologi dengan membangun sistem yang memanfaatkan augmented reality, artificial intelligence, dan virtual reality.

“Alfamind merupakan salah satu kolaborasi terbesar WIR Group bersama Alfamart dalam mengembangkan toko virtual pertama di Indonesia dengan aplikasi Alfamind,” katanya.

BACA JUGA : Bank Mandiri Luncurkan Fitur Tarik Tunai dan Bayar QRIS dari Limit…

Gupta mengapresiasi kolaborasi ini karena tidak hanya inovasi bisnis yang dikembangkan, namun juga dampak yang ditimbulkan dari toko virtual ini kepada masyarakat Indonesia dalam meningkatkan produktivitas ekonomi dan lapangan pekerjaan kepada perempuan-perempuan di Indonesia.

“Kami berharap berbagai Inovasi dan kolaborasi Mindstores ini akan dapat menjadi inspirasi dan peluang usaha atau bisnis bagi masyarakat serta mampu menggerakkan berbagai potensi ekonomi guna mewujudkan visi perekonomian digital yang ingin dicapai pemerintah tahun 2023,” tutup Gupta. (JM01)