Mahasiswa ITS Kembangkan Game Inovatif Tentang Edukasi Seksual

0
33
Mahasiswa ITS Kembangkan Game Inovatif Tentang Edukasi Seksual
Mahasiswa ITS Kembangkan Game Inovatif Tentang Edukasi Seksual

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Data UNICEF tahun 2016 menunjukkan, 8 dari 10 remaja berusia 18 tahun percaya bahwa anak muda rentan mengalami pelecehan seksual.

Beranjak dari permasalahan tersebut, Tim Bramunastya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan sebuah inovasi berupa tiga dimensi (3D) modeled game untuk meningkatkan kesadaran anak sekolah dasar (SD) akan pentingnya edukasi seksual.

Adalah Aqilla Suci Fattimatuz Haya, Muhammad Adrian Fadhilah, Rendy Ichsan Hanif, Rizki Amrizal, dan Hammam Dyahurrahman Yusdin, yang membidani lahirnya Sex Education Game (XEGA), julukan permainan inovatif ini.

Kelima mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS ini mengembangkan permainan mereka dengan memanfaatkan Microsoft Kodu Game Lab sebagai basis pengembangannya.

Baca juga : RSUA Beri Apresiasi dan Jaminan Kerja bagi Perawat

Adapun alasan mereka memilih mengembangkan permainan dengan model 3D adalah karena selama ini media yang menyediakan layanan serupa, umumnya dari segi grafis masih menggunakan model dua dimensi dan sangat text oriented.

“Dari survey yang kita lakukan, 68 persen dari seluruh responden percaya bahwa game lebih dipilih oleh anak-anak daripada video atau teks,” jelas Aqilla, Rabu (17/3/2021).

Halaman selanjutnya: Menariknya permainan ini