Mandiri Syariah Raih Penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020

0
9
Mandiri Syariah Raih Penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020
Mandiri Syariah Raih Penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) kembali memperoleh pengakuan internasional dan meraih tiga penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020.

The Asset, merupakan institusi media keuangan dan investasi terkemuka yang berbasis di Asia menyiarkan acaranya secara virtual pada Rabu (23/9/2020).  Dalam acara tersebut, Mandiri Syariah mendapatkan penghargaan untuk kategori Islamic Bank of the year, Best Islamic Retail Bank dan Best Islamic Trade Finance.

Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni EB Subari mengatakan, Mandiri Syariah berhasil mempertahankan kinerja terbaiknya dan kembali menerima penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards.

“Alhamdullilah, tentunya kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh stakeholders, terutama nasabah yang telah berkontribusi atas pencapaian Mandiri Syariah selama ini,” katanya, Rabu (23/9/2020).

Mandiri Syariah Raih Penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020
Mandiri Syariah Raih Penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020

Toni juga menjelaskan, bahwa hingga saat ini, Manajemen Mandiri Syariah fokus pada segmen retail. Pembiayaan Segmen Retail tumbuh 12,52 % (year on year). Dan saat ini juga, 63,33 % dari portofolio pembiayaan atau Rp 48,55 triliun dari total Rp 76,66 triliun (posisi per Agustus 2020, red) merupakan segmen retail.

Kinerja Mandiri Syariah terus meningkat, dimana per akhir Agustus 2020, asset Mandiri Syariah mencapai Rp 112,12 triliun.

“Pencapaian aset ini didorong salah satunya oleh pertumbuhan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), khususnya Tabungan, yang bisa secara konsisten tumbuh sebesar 18,06 % secara yoy menjadi sebesar Rp 43,69 triliun,” jelas Toni.

Sebagai langkah strategis dalam melakukan percepatan pertumbuhan bisnis Retail, lanjut Toni, Mandiri Syariah menjalin sinergi dengan Mandiri Group seperti implementasi ketentuan Qonun Aceh melalui konversi layanan Bank Mandiri menjadi Mandiri Syariah, juga kerjasama dengan Mandiri Tunas Finance (MTF) dan Mandiri Utama Finance (MUF) untuk pembiayaan kendaraan bermotor, serta sinergi dengan Mandiri AXA untuk layanan asuransi syariah, dll.

Dalam bidang pasar uang syariah, selain penghargaan Best Islamic Trade Finance, sebelumnya Mandiri Syariah juga meraih Best FX Bank for Corporate Islamic Treasury dari Alpha Southeast Asia, dan bahkan telah beberapa kali menerima penghargaan sebagai Bank Pendukung Pendalaman Pasar Keuangan terbaik dari Bank Indonesia.

“Penghargaan ini diraih karena Mandiri Syariah dinilai berperan aktif dalam melakukan transaksi di pasar uang syariah, baik melalui penempatan di pasar uang syariah, maupun instrumen Bank Indonesia,” lanjut Toni.

Selain itu, Mandiri Syariah juga telah mengembangkan pendalaman transaksi pasar keuangan syariah melalui produk dan layanan seperti hedging syariah, repo syariah, penukaran Saudi Arabian Riyal (SAR) dalam bentuk telegraphic transfer (TT) dan Banknotes, layanan valuta asing bagi nasabah ekportir dan importir,  transaksi remmitance, Primary Dealer Syariah, Transaksi Sukuk Ritel dan Sukuk korporasi dan Custodian Syariah dan Wali Amanat.

Sebelumnya, pada Senin (14/9/2020), Mandiri Syariah juga mendapatkan penghargaan dalam hal peningkatan aset dan kinerja dalam pasar uang, Mandiri Syariah juga mendapatkan penghargaan internasional Market Leadership Award 2020 untuk kategori Developing Islamic Banking in Indonesia dari Global Islamic Finance Awards (GIFA).

Untuk meningkatkan layanan nasabah, Mandiri Syariah fokus melakukan transformasi digital melalui fitur transaksi (finansial), sosial (berbagi) dan spiritual (beribadah) di Mandiri Syariah Mobile.

Fitur pembukaan rekening online dari smart phone yang dimiliki Mandiri Syariah merupakan terobosan layanan yang dilakukan bank syariah hingga saat ini. Fitur ini menjadi solusi tepat bagi nasabah di tengah masa pandemi. Sampai dengan Agustus 2020, lebih dari 140ribu nasabah telah membuka rekening secara online. (JM01)