Optimalkan Pelayanan Nontatap Muka, BPJS Kesehatan Maksimalkan Penggunaan Teknologi

0
21
BPJS Kesehatan Manfaatkan Penggunaan Teknologi untuk Optimalkan Pelayanan Nontatap Muka
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Betsy M. O. Roeroe

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – BPJS Kesehatan kembali meluncurkan inovasi dengan memanfaatkan penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan pelayanan nontatap muka bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS). Inovasi ini berupa kanal Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), yang dapat diakses melalui smartphone milik peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Betsy M. O. Roeroe menjelaskan, Pandawa diluncurkan sebagai upaya partisipasi pencegahan penularan virus C0vid–19. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk mendukung pemerintah dengan berupaya meminimalisir intensitas peserta yang datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Layanan Pandawa ini diluncurkan tentunya untuk kenyamanan dan keamanan bersama, baik peserta JKN maupun duta BPJS Kesehatan itu sendiri. Tentunya dengan tetap mempertahankan kualitas pelayanan bagi seluruh peserta program JKN–KIS,” tutur Betsy ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/10/2020).

Peserta program JKN – KIS yang berdomisili di kota Surabaya, dapat memanfaatkan layanan ini dengan mengirimkan pesan melalui nomor 087739901120. Seperti hal nya dengan pelayanan tatap muka, petugas BPJS Kesehatan akan melayani kebutuhan pelayanan administrasi peserta melalu pesan whatsapp sesuai dengan antrian.

“Tidak ada bedanya dengan layanan tatap muka, kami melakukan pelayanan melalui aplikasi ini dimulai dari pukul 8.00 pagi hingga 15.00 sore. Peserta akan dilayani sesuai dengan kebutuhannya. Bedanya saat ini tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus segala kebutuhan yang berhubungan dengan pelayanan administrasi,” ujar Betsy.

Adapun pelayanan yang dapat dilakukan melalui aplikasi Pandawa diantaranya:

  • pendaftaran baru,
  • penambahan anggota keluarga,
  • pendaftaran bayi baru lahir,
  • penonaktifan peserta meninggal,
  • perbaikan data ganda,
  • pengaktifan data ganda,
  • perubahan fasilitas kesehatan serta perubahan jenis segmen kepesertaan,
  • data identitas,
  • data golongan dan gaji.

“Jadi semua pelayanan administrasi dapat dilakukan melalui aplikasi Pandawa ini. Hal ini diharapkan dapat mempermudah peserta dalam memperoleh pelayanan yang berkualitas tanpa repot keluar rumah dan dapat dilakukan dari mana saja,” tutup Betsy.

Seentara Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan KCU Surabaya, Wiedho Widiantoro menambahkan, untuk pelayanan melalui program Pandawa ini, BPJS Kesehatan memberi target maksimal 1 jam setelah mengisi jenis pelayanan, harus sudah direspon oleh petugas BPJS Kesehatan.

“Sejak diluncurkan sekitar sebulan lalu, respon masyarakat terhadap program Pandawa ini cukup tinggi karena hingga saat ini sudah mencapai 300 chat perhari,” terang Wiedo.

Selain layanan Pandawa, pelayanan administrasi, informasi dan pengaduan bagi peserta JKN–KIS juga dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan care center 1500 400, dan Whatsap Chat Asistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400.

Sebelumnya BPJS Kesehatan juga telah memperkenalkan layanan Voice Interactive JKN (VIKA) pada menu BPJS Kesehatan care center yang dapat dimudahkan peserta untuk memperoleh informasi mengenai program JKN–KIS. (JM01)