Sambut FIFA World Cup U-17 Surabaya, PLN Luncurkan Mini Scada Mobile

0
24
Sambut FIFA World Cup U-17 Surabaya, PLN Luncurkan Mini Scada Mobile
Sambut FIFA World Cup U-17 Surabaya, PLN Luncurkan Mini Scada Mobile

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Pastikan keandalan pasokan listrik saat gelaran internasional FIFA World Cup U-17di Surabaya terjaga dengan baik, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur hadirkan Mini Scada Mobile. Diresmikan bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) 78, Mini Scada Mobile merupakan pusat monitoring kondisi kelistrikan secara mobile/bergerak.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo  menyatakan dengan Mini Scada Mobile pemantauan kondisi pasokan listrik dapat dilakukan berpindah-pindah, real time dan lebih dekat dengan pelanggan.

“Kehadiran mini scada mobile diharapkan dapat mensupport event-event nasional maupun internasional khususnya dalam waktu dekat menyambut Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya,” papar Agus.

Untuk gelaran FIFA World Cup U-17, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dimana 100% suplai kelistrikannya berasal dari PLN.

Meninjau langsung kesiapan infrastruktur kelistrikan, Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto hadir bersama Ketua PSSI, Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, Minggu (29/10).

“PLN memberikan layanan tanpa kedip melalui skema Zero Down Time (ZDT) dengan skema pengamanan 3 lapis dan seluruh persiapannya sudah 100%”, terang Adi.

BACA JUGA : Gubernur Khofifah Resmikan PLTS Atap di 20 Titik se-Jatim dan Lakukan…

PLN juga telah menyiapkan personel dan peralatan untuk mendukung keandalan pasokan listrik. Tercatat setidaknya 180 personel telah disiapkan. Tersedia juga backup power berupa UPS sebanyak 9 unit (2.200 kVA) dan genset 14 unit (6.100 kVA).

Tidak hanya GBT, PLN juga telah menyiapkan kesiapan kelistrikan untuk 3 lokasi lain yang menjadi tempat latihan para atlet, di antaranya Lapangan Thor, Lapangan ABC GBT, dan Lapangan Gelora 10 November.

Selain itu, sebagai wujud digitalisasi proses bisnis, PLN menerapkan penyulang pintar berbasis Scada yang memungkinkan penulusuran gangguan otomatis, pengisolasian segmen terganggu untuk memperkecil jumlah pelanggan padam dan pemulihan pasca gangguan penyulang kurang dari 150 detik.

Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir mengapresiasi kesiapan 100% kelistrikan PLN dalam mendukung berbagai event nasional maupun internasional.

BACA JUGA : KTO Gelar Korea Medical Tourism Festival di Surabaya

“Mudah-mudahan ini juga terbaik. Dari FIFA untuk lapangan maupun fasilitas pendukung kita sudah diberikan dua jempol, tapi tetap tidak boleh jumawa harus terus bersiaga dan menyiapkan yang terbaik,” kata Erick Thohir. (JM01)