Sambut HUT Ke-75 Tahun RI, Bank Indonesia Rilis Uang Pecahan Rp 75.000, Benarkah?

0
101
Gambar uang edisi khusus 75 tahun HUR RI yang beredar di sosial media
Gambar uang edisi khusus 75 tahun HUR RI yang beredar di sosial media

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Bank Indonesia rencananya akan mengeluarkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (BI). Sesuai agenda, Senin (17/8/2020), Gubernur BI bersama Menteri Keuangan akan merilis uang tersebut secara virtual, yang bisa disaksikan di akun Youtube Bank Indonesia.

Selain acara peluncuran yang rencananya akan dimulai pada pukul 11.15 hingga 11.45 ini, juga akan diulanjutkan dengan kegiatan penayangan video Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dan penyerahan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI sebagai token of appreciation secara simbolis kepada keluarga Proklamator secara virtual.

Meski secara resmi pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ini baru akan dilakukan Senin, namun di media social sudah beredar gambar uang pecahan Rp75.000 yang disebut-sebut sebagai uang edisi khusus HUT Ke-75 RI.

Menanggapi hal ini, Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko saat dikonfirmasi masih enggan memberikan kejelasan mengenai berapa nilai uang dan seperti apa designnya.

“Besok ya, karena saya sendiri belum melihat,” ujarnya.

Dalam gambar uang yang beredar di media social, terdapat gambar proklamator Soekarno-Hatta dan di sebaliknya bergambar sembilan anak dengan memakai baju tradisional dari berbagai daerah

Diketahui, penerbitan uang edisi khusus dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu dan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya, seperti yang besok akan dilaunching ini, sudah beberapa kali dilakukan Bank Indonesia sebelumnya.

Edisi yang telah diterbitkan antara lain 25 Tahun Kemerdekaan dengan tahun penerbitan 1970, Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Seri Perjuangan Angkatan 45 yang diterbitkan pada 1990, Seri Save the Children pada 1990, Seri Cagar Alam 1974, Seri Cagar Alam 1987, Seri Children of the World pada 1999 dan lainnya. (JM01)