SD Al Falah Surabaya Gelar Aksi Teatrikal Sumpah Pemuda

0
31
SD Al Falah Surabaya Gelar Aksi Teatrikal Sumpah Pemuda
SD Al Falah Surabaya Gelar Aksi Teatrikal Sumpah Pemuda

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Peringatan Sumpah Pemuda yang selalu dilakukan setiap tahun memang mulai keholangan makna, seiring dengan perkembangan masyaralat modern di Indonesia.

Tak ingin makna Sumpah Pemuda dilupakan oleh para generasi penerus bangsa (para pelajar, red), SD Al Falah Surabaya menggelar aksi Teatrikal Sumpah Pemuda bertema “Monumen Persatuan Pemuda Indonesia” pada Selasa, (26/10/2021) di Halaman SD Al Falah Surabaya.

Aksi Teatrikal Sumpah Pemuda yang diperankan oleh para guru-guru dan disaksikan langsung seluruh siswa kelas 1 hingga 6 melalui Live Streaming dan Zoom ini, merupakan perwujudan semangat para guru guru SD Al Falah Surabaya untuk membangkitkan kembali semangat baru pemuda pemudi bangsa Indonesia.

Kepala Sekolah SD Al Falah Surabaya, Izzaty Latifiyah, S.Pd, mengatakan, Aksi Teatrikal yang diperankan oleh para guru guru ini dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, sekaligus juga merayakan Maulid Nabi 1443 Hijriah.

Baca juga : Gubernur Khofifah Ajak Pelaku Industri Kreatfif Jatim Buat Produk Ramah Lingkungan

“Dalam teatrikal tersebut semua tokoh menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah sebagai lambang persatuan dan kesatuan pemuda pemudi Indonesia,” ujarnya, Selasa (26/10/2021).

Sedangkan tujuan dari kegiatan Aksi Teatrikal ini, lanjut Kepsek Izzaty, ingin mengingatkan kembali anak anak milenial di era digital sekarang ini khususnya siswa siswi SD Al Falah Surabaya akan perjuangan Pemuda Pemudi mempersatukan kembali bangsa Indonesia.

“Sekaligus, ingin membangkitkan kembali semangat para siswa siswi agar tidak mudah menyerah, terus belajar dan berkarya agar bisa meraih mimpi besar meskipun saat ini Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19,” tambah Izzaty.

Dalam Aksi Teatrikal tersebut, para tokoh pemuda yang diperankan guru guru melakukan penyusunan monumen perdamaian berbentuk patung tangan mengepal erat, penancapan bendera merah putih, ikrar Sumpah Pemuda dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Baca juga : Database Diberitakan Bocor, Bank Jatim Pastikan Data Nasabah Aman

Sementara itu, Siti Maryam S.Pd selaku Wakil Kesiswaan yang memerankan tokoh pemuda Soekarno ini mengaku gugup dan canggung memerankan tokoh hebat dalam perjuangan Pemuda Indonesia. Apalagi, Aksi Teatrikal ini pertama kali yang diperankan oleh para guru.

“Sebelum ada pandemi, aksi teatrikal selalu melibatkan seluruh siswa siswi. Namun, saya bangga bisa menjadi bagian dari acara ini. Ternyata tidak sulit dan seru juga menjadi tokoh dalam Sumpah Pemuda,” tandasnya.

Maryam juga menambhakan bahwa melalui kegiatan Aksi Teatrikal Sumpah Pemuda ini, diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi seluruh siswa SD Al Falah Surabaya akan pentingnya persatuan, kebersamaan dan gotong royong. Seperti Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan bangsa Indonesia Berbeda beda tetapi tetap satu.

Baca juga : Rayakan HUT 25 Tahun, Crown Group Telah Kembangkan Proyek Rp 50…

Selain Aksi Teatrikal Sumpah Pemuda, SD Al Falah Surabaya juga menyemarakkan acara dengan pembacaan ayat suci Al Quran serta dongeng tentang Mulid Nabi oleh Kak Usman. (JM01)