Telkomsel Transformasikan Operasional dan Penawaran Produk dengan Enterprise Gen AI dari Google Cloud

0
17
Telkomsel Transformasikan Operasional dan Penawaran Produk dengan Enterprise Gen AI dari Google Cloud
Telkomsel Transformasikan Operasional dan Penawaran Produk dengan Enterprise Gen AI dari Google Cloud

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Di ajang Mobile World Congress 2024 (MWC) Barcelona, Telkomsel mengumumkan kerja sama strategis dengan Google Cloud untuk mengintegrasikan Generative AI (Gen AI) tingkat enterprise ke dalam operasional dan penawaran produk intinya kepada konsumen dan bisnis.

Melalui penandatanganan kesepakatan yang turut disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi pada Selasa (27/2/2024), langkah kolaborasi ini memperluas pemanfaatan berkelanjutan advertising tools yang didukung AI dari Google oleh Telkomsel seperti Performance Max, dengan tujuan transformasi interaksi perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan, dan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng, mengatakan, guna menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif yang mendorong pemberdayaan masyarakat Indonesia, Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia berkomitmen mendukung operasional perusahaan, serta menghadirkan personalisasi dan kenyamanan pengalaman digital pelanggan yang ditingkatkan di segmen B2C, B2B, sampai dengan B2B2C.

“Telkomsel berharap dapat membuka lebih banyak peluang akselerasi pertumbuhan ekonomi dan ekosistem digital Indonesia melalui upaya integrasi dengan kapabilitas Gen AI dari Google Cloud yang canggih dan aman, sekaligus melanjutkan kolaborasi di berbagai platform seperti Google Ads, Android, YouTube, dan lainnya,” ujarnya

BACA JUGA : Piala by.U 2024 Wujudkan Mimpi Melalui Seri Pertandingan Futsal Antar SMP…

Dengan dukungan dari PT Metrodata Electronics, Tbk. (Metrodata), mitra Google Cloud, Telkomsel berupaya meningkatkan pengalaman internal perusahaan dengan Gen AI. Dengan memanfaatkan platform Vertex AI dari Google Cloud dan model Gen AI, Telkomsel tengah membangun agen percakapan Gen AI yang terintegrasi ke dalam aplikasi MOANA (Mobile Office Application and Automation) yang menjadi pusat operasional ketenagakerjaan bagi lebih dari 6.000 karyawannya.

Dengan dukungan real-time berupa tautan ke sumber informasi dan panduan yang relevan, agen percakapan ini akan membantu karyawan dalam mencari dan mengakses berita internal, kebijakan perusahaan, permintaan cuti, dan berbagai layanan operasional kantor lainnya, sehingga meningkatkan produktivitas dan memungkinkan fokus selanjutnya pada pengembangan bakat dan budaya kerja.

Selain itu, Telkomsel juga berupaya meningkatkan kapabilitas perencanaan jaringan, pengembangan produk, dan tim penjualan dengan transformasi operasi jaringan yang didukung oleh Gen AI dari Google Cloud untuk menganalisis data dari menara seluler dan sistem fiber optic untuk memberikan rekomendasi dalam bahasa natural.

BACA JUGA : Ini Tiga Strategi Utama Sinergitas Pengendalian Inflasi Pangan Wilayah Jawa

“Solusi ini kemudian dapat digunakan untuk lebih mudah dan cepat mengidentifikasi lokasi dengan kesenjangan konektivitas untuk ekspansi infrastruktur jaringan di masa depan dan merancang penawaran Fixed Mobile Convergence (FMC) sesuai dengan segmen dan kebutuhan pelanggan,” tambah Derrick Heng.

Halaman selanjutnya: Transformasi Interaksi Layanan Pelanggan……..