Tim PKM UNESSA Gelar Pelatihan Pelatih Petanque untuk Persiapan Pra PON dan Porprov Jatim

0
10
Tim PKM UNESSA Gelar Pelatihan Pelatih Petanque untuk Persiapan Pra PON dan Porprov Jatim
Tim PKM UNESSA Gelar Pelatihan Pelatih Petanque untuk Persiapan Pra PON dan Porprov Jatim

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Di Jawa Timur, pelatih petanque bertugas untuk mengembangkan olahraga petanque dan melatih atlet-atlet di daerah tersebut. Peran seorang pelatih petanque di Jawa Timur meliputi beberapa hal di antaranya pelatihan teknis pelatih dimana mereka akan memberikan pelatihan teknis kepada atlet-atlet petanque di Jawa Timur. Ini termasuk pengajaran teknik dasar seperti cara melempar bola dengan akurat, teknik pegangan bola yang tepat, dan strategi permainan yang efektif.

Pelatih akan membantu atlet-atlet memperbaiki keterampilan teknis mereka melalui latihan dan koreksi teknik yang sesuai. Perencanaan program latihan Pelatih petanque di Jawa Timur akan merencanakan program latihan yang sesuai dengan kebutuhan atlet-atlet dan tujuan pengembangan olahraga.

Program latihan ini meliputi latihan fisik, latihan teknis, latihan taktis, dan pertandingan simulasi. Pelatih akan memastikan bahwa atlet-atlet memiliki program latihan yang komprehensif dan terstruktur untuk membantu mereka meningkatkan keterampilan dan performa mereka.

Kegiatan ini diwujudkan oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang diketuai oleh Dosen FIKK yakni Panji Bana, M.Pd dan anggota Nur Salsabila Rhesa P.P., S.Pd., M.Sc, serta Dani Primanata, S.Pd.,M.Pd.

BACA JUGA : PKM Dosen FIKK UNESA Sosialisasikan Olahraga Petanque

Menurut Panji, pelatih akan menganalisis pertandingan atlet-atlet petanque di Jawa Timur. Mereka akan melihat kekuatan dan kelemahan individu atlet, strategi permainan yang digunakan, dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu atlet-atlet meningkatkan performa mereka di pertandingan berikutnya.

“Motivasi dan dukungan seorang pelatih petanque di Jawa Timur harus memiliki kemampuan untuk memotivasi dan memberikan dukungan kepada atlet-atletnya. Mereka akan memberikan dorongan, membangun kepercayaan diri, dan membantu atlet-atlet mengatasi hambatan mental dan emosional yang mungkin mereka hadapi dalam perjalanan mereka dalam olahraga,” ujarnya.

Pengembangan tim jika pelatih bertanggung jawab atas tim petanque di Jawa Timur, mereka akan terlibat dalam pengembangan tim secara keseluruhan. Ini meliputi pemilihan atlet yang potensial, pembentukan strategi tim, manajemen komunikasi dan kerjasama di antara anggota tim, serta perencanaan partisipasi dalam kompetisi regional atau nasional.

BACA JUGA : Rektor UNESA Resmi Memimpin Forum Rektor Indonesia (FRI) 2023-2024

“Pelatih petanque di Jawa Timur berperan penting dalam mengembangkan olahraga petanque di daerah tersebut. Dengan bimbingan dan pelatihan yang baik, atlet-atlet petanque di Jawa Timur dapat meningkatkan keterampilan mereka dan mencapai hasil yang lebih baik dalam kompetisi tingkat lokal, regional, dan nasional,” tambah Panji. (Adv)