Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, JIFest 2023 Resmi Digelar

0
10
Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, JIFest 2023 Resmi Digelar
Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, JIFest 2023 Resmi Digelar

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sebagai upaya untuk mendorong indeks literasi dan inklusi keuangan di Jawa Timur, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur bersama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Jawa Timur menyelenggarakan pameran industri jasa keuangan bertajuk Jatim Inclusion Festival (JIFest).

Bertempat di Royal Plaza Surabaya, opening ceremony kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman yang sekaligus menjabat sebagai Ketua FKIJK Jawa Timur, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Timur Aftabuddin Rijaluzzaman, Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur Giri Tribroto, serta Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Bandoe Widiarto pada hari Kamis (26/10/2023).

Busrul menjelaskan, JIFest merupakan puncak kegiatan dari Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2023 yang telah dilaksanakan sejak bulan Mei hingga Oktober ini. Banyak rangkaian kegiatan di dalam peringatan BIK. Tujuannya, meningkatkan pemahaman masyarakat terkait jasa keuangan dan mempublikasikan program literasi keuangan, inklusi keuangan, serta perlindungan konsumen.

”Terlebih dengan adanya JIFest kali ini masyarakat dapat melakukan pembukaan rekening serta penggunaan produk dan layanan jasa keuangan secara langsung,” tuturnya.

Adapun sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memperingati BIK antara lain kegiatan edukasi, kemitraan, dan talkshow yang dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Kemudian, ada juga talkshow di beberapa radio dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, workshop dan penyediaan akses keuangan bagi penyandang disabilitas, serta Puncak Kreasi Bangkit yang diadakan untuk pelajar tingkat SD-SMA.

BACA JUGA : Pemkab Kediri bersama Bank Jatim Launching KKPD untuk Dorong Peningkatan Transaksi…

”Nah, untuk JIFest sendiri dilaksanakan tanggal 26 Oktober 2023 – 29 Oktober 2023 di Royal Plaza. Banyak acara di dalamnya. Mulai dari talkshow & workshop industry jasa keuangan, lomba mewarnai anak, reels competition, lomba band, fashion show, pameran produk dan layanan lembaga jasa keuangan, sampai pameran produk UMKM binaan LJK di Jawa Timur semuanya ada,” papar Busrul.

Dia juga menambahkan, di dalam kegiatan tersebut, terdapat 20 tenan dari berbagai lembaga jasa keuangan yang turut berkontribusi memeriahkan JIFest tahun ini. Termasuk bankjatim. Bentuk partisipasi bankjatim dalam kegiatan JIFest 2023 yaitu dengan menjadi narasumber talkshow, membuka booth pameran, dan memberikan berbagai penawaran menarik selama acara berlangsung.

”Kegiatan JIFest 2023 sejalan dengan komitmen bankjatim dalam mendukung inklusi keuangan kepada masyarakat. Sehingga diharapkan ke depannya masyarakat akan semakin mampu melakukan perencanaan keuangan dengan baik,” tegas Busrul. (JM01)