Wagub Emil Sebut Pentingnya Sinergi Pemerintah dan Lembaga Pendidikan Turut Menjaga Kebhinekaan

0
28
Wagub Emil Sebut Pentingnya Sinergi Pemerintah dan Lembaga Pendidikan Turut Menjaga Kebhinekaan
Wagub Emil Sebut Pentingnya Sinergi Pemerintah dan Lembaga Pendidikan Turut Menjaga Kebhinekaan

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan lembaga agama yang menaungi pendidikan turut menjaga kebhinnekaan di Provinsi Jatim.

Sebab, menurut Emil, lembaga agama dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Begitupun peran mereka dalam memperjuangkan kebangsaan dan kebhinnekaan. Apalagi, lembaga agama seringkali juga menaungi beberapa yayasan pendidikan di Jawa Timur.

“Bagaimana ada keterkaitan antara lembaga agama dengan pendidikan di berbagai jenjang. Kami siap untuk berkoordinasi secara khusus apalagi dengan jenjang SMA dan SMK yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi,” ungkapnya dalam Musyawarah Wilayah Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injil Indonesia (PGLII) Provinsi Jawa Timur di Gereja Bethany Indonesia Manyar Rejo Surabaya pada Senin (20/3/2023).

Emil memberikan sorotan terutama pada SMA dan SMK yang kewenangannya berada di bawah naungan Pemprov Jatim. Perhatian khusus dari Pemprov Jatim ini diberikan kepada SMA dan SMK negeri serta swasta. Di antaranya dalam bentuk Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) gratis dan bantuan dana pendidikan. Salah satunya untuk sekolah-sekolah swasta yang dinaungi oleh lembaga agama seperti PGLII.

BACA JUGA : Jelang Ramadan, Gubernur Khofifah Imbau  Masyarakat Bangun Sikap Saling Menghormati  dan…

Sinergi yang baik antara pemerintah dan lembaga keagamaan serta lembaga pendidikan, tambahnya, akan memperkuat semangat kebhinnekaan dan persatuan. Terutama di tengah masyarakat Jatim yang beragam.

“Kita mengenalkan adanya program SPP gratis. Nah ini tidak hanya disalurkan ke sekolah negeri tapi juga sekolah swasta untuk memberikan bantuan kesejahteraan. Salah satunya untuk pembangunan indeks manusia dan kesejahteraan tenaga pengajar. Di antaranya ada sekolah-sekolah swasta yang berada di bawah naungan lembaga gereja nasrani,” ujarnya.

Wagub Jatim ini menyebutkan bahwa dukungan terhadap pendidikan yang dinaungi oleh lembaga agama adalah bukti nyata antara sinergi Pemerintah dan kedua sektor tersebut dalam menjaga rumah besar NKRI. Serta wujud dedikasi hidup terhadap Tuhan dan bangsa oleh gereja-gereja Nasrani.

Halaman selanjutnya: Dari PGLII Jatim ini…..