3M Ciptakan 5 Juta Pengalaman Belajar Berbasis STEM

0
5
3M Ciptakan 5 Juta Pengalaman Belajar Berbasis STEM
3M Ciptakan 5 Juta Pengalaman Belajar Berbasis STEM

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – 3M memperkuat komitmennya dalam menciptakan kesetaraan bagi komunitas, pelaksanaan bisnis dan lingkungan kerja, dengan menciptakan 5 juta pengalaman belajar berbasis STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) yang unik dan keterampilan bagi kelompok minoritas pada akhir 2025.

Vice President of Community Relations, Michael Stroik mengatakan, sebagai perusahaan sains, teknologi, dan manufaktur global yang beroperasi di sejumlah industri, 3M memiliki kemampuan unik dan kesempatan untuk memperkenalkan metode pembelajaran berbasis  STEM dan keterampilan yang dibutuhkan dalam berkarier kepada masyarakat luas.

“Kami memberikan pengalaman untuk membuka wawasan seseorang terhadap peluang yang mungkin pernah atau tidak terpikirkan oleh mereka sebelumnya. Dan 3M ingin menjadi katalis untuk perubahan tersebut, lebih dari 5 juta kali,” katanya.

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh 3M untuk mencapai tujuan baru tersebut mencakup pemberian beasiswa, magang, dan layanan untuk mahasiswa, serta ragam kesempatan belajar, 3Mgives monetary investment, dan kegiatan sukarelawan.

Program bertema STEM yang telah dilaksanakan di Indonesia antara lain 3M Science Games, yaitu ajang kompetisi sains pertama yang diselenggarakan 3M Indonesia yang menyasar siswa Sekolah Dasar (SD) dari kelas 3 hingga 5.

Kompetisi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran berbasis STEM bagi generasi muda. Dalam hal ini, 3M bekerja sama dengan mitra pendidikan sains lokalnya di Indonesia, yaitu DoctorRabbit, dalam mengimplementasikan program ini di bulan Februari 2020.

Baca juga : DJP Jatim I Raih Rangking 6 dari 33 Kanwil DJP seluruh…

Kegiatan 3M Science Games ini berhasil menarik perhatian target  sasaran dan telah diikuti oleh sekitar 300 siswa dari berbagai sekolah dasar di wilayah Jabodetabek. Pemenang dalam kompetisi ini memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan Robotic Virtual Camp yakni sebuah program komprehensif yang menggabungkan pengalaman yang menyenangkan dan kesempatan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang sains dan teknologi.

“Pendidikan berbasis STEM dan keterampilan telah menjadi fokus bagi perusahaan selama beberapa waktu, tetapi kami merasa penting untuk mengutarakan komitmen secara luas dalam mendukung mereka yang merupakan kelompok minoritas dan memiliki keterbatasan dalam hal investasi,” terang Michael.

Michael juga meyakini bahwa setiap orang layak untuk mendapatkan akses terhadap pembelajaran berbasis STEM yang dapat memberikan dampak serta mampu mengubah hidup mereka.

“Selain itu, dengan berbagi informasi perihal tujuan mengenai pendidikan berbasis STEM ini, diharapkan dapat memperkuat komitmen kami terhadap kesetaraan, transparansi, dan akuntabilitas,” lanjutnya.

Baca juga : TPID Provinsi Jawa Timur Dorong Kerjasama Antar Dearah

Sementara Country Leader PT 3M Indonesia, Sigit Priowaskito menambahkan, kegiatan inspiratif ini tentunya akan mendorong anak-anak dan generasi muda untuk belajar lebih banyak tentang STEM serta membangkitkan kreativitas dan minat mereka terhadap sains.

“Kami berharap dengan mendukung pengalaman belajar STEM dan Keterampilan khusus dapat berperan serta memberikan solusi untuk menjawab tantangan saat ini dan masa depan, serta mendukung para inventor dan inovator muda Indonesia,” terangnya. (JM01)