51,74 Persen RAPBD 2021 Jatim, Dialokasikan untuk Pendidikan

0
52
51,74 Persen RAPBD 2021 Jatim, Dialokasikan untuk Pendidikan
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa dalam RAPBD 2021, sektor pendidikan menjadi prioritas dengan mengalokasikan sebesar Rp 11,868 triliun atau 51,74 persen untuk Dinas Pendidikan agar layanan mutu pendidikan di Jatim meningkat.

“Tujuan nilai alokasi ini untuk meringankan beban biaya operasional sekolah bagi peserta didik pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun oleh masyarakat. Serta untuk menunjang peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas,” katanya, Selasa (17/11/2020).

Baca juga : Hari Kesehatan Nasional, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Hidup Damai dengan Covid-19

Adapun peningkatan layanan mutu pendidikan tersebut di antaranya adalah untuk Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP), Honorarium kinerja guru non PNS, pembangunan/perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, serta untuk Bantuan Operasional Daerah untuk Lembaga Madrasah Diniyah (BOSDA-MADIN).

Sementara untuk sektor kesehatan, Khofifah menjelaskan bahwa pemerintah akan mengalokasikan sebesar 19,52 persen dari belanja Perangkat daerah pada RAPBD 2021, yakni sebesar Rp 4,478 triliun dengan prioritas pada JKN.

Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 dalam kerangka RPJMN memiliki 4 fokus. Pertama, pemulihan industri, pariwisata, dan investasi. Kedua, reformasi sistem kesehatan nasional. Ketiga, reformasi sistem jaring pengaman sosial. Keempat, reformasi sistem ketahanan bencana.

Baca juga : Gubernur Khofifah Terima Bintang Mahaputera Utama dari Presiden karena Dinilai Berjasa Bagi Indonesia

“Prioritas ini sesuai dan sinkron dengan arah pembangunan Jatim yang ingin mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial, kesehatan, sistem ketahanan kebencanaan dan optimalisasi agrobisnis berbasis sinergitas desa-kota,” lanjutnya. (JM01)