ASN Tak Boleh Ambil Cuti Sebelum dan Sesudah Hari Libur Nasional

0
16
ASN Tak Boleh Ambil Cuti Sebelum dan Sesudah Hari Libur Nasional
ASN Tak Boleh Ambil Cuti Sebelum dan Sesudah Hari Libur Nasional (foto istimewa)

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Pemerintah, melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, melarang aparatur sipil negara (ASN) untuk mengambil cuti sebelum dan sesudah hari libur nasional.

Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021, yang diteken Menpan RB, Jumat (25/6/2021).

Salah satu poin dalam SE tersebut berbunyi, “Pegawai aparatur sipil negara tidak mengajukan cuti pada saat dan sebelum dan/atau sesudah hari libur nasional pada minggu yang sama dengan hari libur nasional”.

Baca juga : Wagub Emil Optimis PPKM Mikro Mampu Kurangi Penyebaran Covid-19 di Bangkalan

Selain itu, para pejabat pembina kepegawaian di instansi pemerintah juga dilarang memberikan izin cuti kepada para pegawainya.

Namun demikian, dalam SE tersebut masih ada pengecualian bagi yang hendak mengajukan cuti dengan alasan tertentu, seperti untuk keperluan melahirkan, sakit, dan alasan mendesak lainnya. Seperti dikutip dari SE tersebut, “Cuti melahirkan dan/atau cuti sakit dan/atau cuti karena alasan penting.

Kebijakan pelarangan aparatur sipil negara (ASN) untuk mengambil cuti sebelum dan sesudah hari libur nasional ini, akan berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai ada kebijakan baru yang menggantikan.

Baca juga : KN SAR 249 Permadi Basarnas Siap Beroperasi di Jatim

Dan untuk ASN yang melanggar aturan tersebut, akan dikenakan hukuman disiplin ASN sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, serta Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. (JM01)