Ada yang Menarik di Wisuda UNESA ke-108 Kali ini

0
16
Ada yang Menarik di Wisuda UNESA ke-108 Kali ini
Ada yang Menarik di Wisuda UNESA ke-108 Kali ini

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Ada yang menarik dari gelaran wisuda Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ke-108 Jenjang Ahli Madya, Sarjana, Magister dan Doktor yang digelar di Graha UNESA, Selasa (10/10/2023).

Prosesi wisuda yang mengusung tema “Wisudawan yang Siap Berinovasi, Berkolaborasi, dan Berdedikasi Menuju Generasi Emas 2045” dan diikuti sebanyak 1.501 wisudawan ini, sempat terjeda dengan aksi Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. yang membawakan lagu dengan diiringi para wisudawan dan bahkan diikuti dengan joget oleh para wisudawan yang hadir.

Tak urung, prosesi wisuda yang biasanya terkesan sangat formal menjadi lebih cair dan meriah.

Di akhir prosesi wisuda, Prof. Nurhasan meminta para lulusannya untuk berkontribusi dan menjadi pemimpin dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Cak Hasan, panggilan akrab Rektor ini juga meyakini bahwa lulusannya bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat, karena sudah dibekali dengan berbagai kompetensi lewat berbagai program talenta dan jalur masuk khusus yang disiapkan, ada jalur talenta kepemimpinan, prestasi akademik, jalur seni, olahraga dan prestasi keagamaan.

BACA JUGA : Perluas Kesempatan Karir Disabilitas, UNESA Gandeng Tiga Perusahaan

“Dengan sentuhan UNESA, insha Allah mereka (wisudawan; red) mampu menjadi pionir perubahan di masyarakat menuju Indonesia yang tangguh, berdedikasi, dan memiliki jati diri ke-Indonesiaan yang kuat,” ujarnya.

Cak Hasan juga berpesan kepada para lulusan untuk tampil percaya diri sebagai pribadi yang tangguh dan bijaksana.

“Mengutip nasehat orang bijak, jadilah seperti padi, semakin berisi semakin merunduk, semakin berilmu semakin rendah hati,” tegas Cak Hasan.

Ada beberapa kunci sukses menurut rektor. Diantaranya adalah: Pertama, relasi atau jaringan. Ini penting untuk melahirkan inovasi. Kolaborasi yang produktif, lahir dari jejaring yang luas dan penuh ide-ide inovatif. Kedua, tangguh secara karakter atau kepribadian. Ketiga, gagasan atau ide kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Dan Keempat adalah disiplin dan mandiri.

BACA JUGA : Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP Unesa Terpilih sebagai Penerima Hibah Pkkm Dikti Kemdikbudristek…

“Tetaplah optimis, tangguh dan adaptif, karena siapa yang mampu beradaptasi dia adalah pemenangnya, siapapun, individu, kelompok, bahkan negara,” pesannya.

Halaman selanjutnya: Wisudawan Terbaik dan Tertua…..