Bank Syariah Indonesia Naikkan Coverage Ratio ke 180 Persen

0
15
Bank Syariah Indonesia (BSI) Naikkan Coverage Ratio ke 180 Persen
Bank Syariah Indonesia (BSI) Naikkan Coverage Ratio ke 180 Persen

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) sudah meningkatkan pencadangan secara sangat signifikan hingga awal 2021. Hal ini diakui Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi yang menjelaskan bahwa Perseroan akan terus menjaga kestabilan kinerja pembiayaan dengan kembali meningkatkan pencadangan.

“Pencadangan kami sudah naik cukup signifikan. Cash coverage ratio kami naik 47 persen secara tahunan menjadi 137,48 persen per Maret 2021, tapi ini masih jauh dibandingkan dengan Bank Himbara. Mungkin kami juga menjadi 180 persen hingga 190 persen,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin (14/6/2021).

Hery juga memastikan kinerja keuangan perseroan masih sangat progresif pada tahun ini. Begitu juga penyaluran pembiayaan dan penghimpunan DPK masih berjalan sehingga pencetakan laba sangat baik.

Baca juga : Bank Syariah Indonesia Perkuat Ekosistem Pesantren

Laba bersih BSI naik 12,85 persen secara tahunan menjadi Rp 741 miliar. Hal ini menunjukkan ruang pemupukan pencadangan masih cukup kuat untuk menjaga kestabilan. Adapun, kenaikan kinerja tersebut didorong oleh peningkatan pendapatan margin dan bagi hasil sebesar 5,16 persen secara year-on-year (yoy).

“Selain itu kenaikan laba perusahaan juga dipengaruhi ekspansi pembiayaan dan kenaikan dana murah yang optimal, sehingga mendorong biaya dana yang harus ditanggung perusahaan menjadi lebih baik dari tahun lalu,” tambah Hery.

Hingga akhir Maret 2021 pembiayaan yang disalurkan BSI telah mencapai Rp 159 triliun, naik 14,47 persen secara tahunan, yang diikuti terjaganya kualitas pembiayaan yang disalurkan BSI.

Baca juga : Bank Jatim Permudah Pembayaran Pajak dan Tiket Wisata Non Tunai di…

Sementara pada kuartal I/2021, rasio NPF gross BSI ada di kisaran 3,09 persen atau turun dari posisi setahun lalu yaitu sebesar 3,25 persen. (JM01)