Bersama BPJS Kesehatan, Saya Tenang

0
14
Bersama BPJS Kesehatan, Saya Tenang
Maria Ardini Pamungkas : Bersama BPJS Kesehatan, Saya Tenang

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Dari tahun ketahun, biaya kesehatan, khususnya perawatan di rumah sakit (RS) bukanya tambah murah tetapi justru akan semakin mahal. Karena itu, memiliki jaminan kesehatan menjadi hal yang penting dilakukan.

Prinsip mengamankan diri dari besarnya biaya kesehatan inilah yang dipegang Maria Ardini Pamungkas (38 tahun) warga Kebraon Surabaya, dengan memilih menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menjadi peserta JKN sejak tahun 2016 lalu, Dini, panggilan akrabnya mengungkapkan bahwa ia sudah menggunakannya beberapa kali ketika sakit, bahkan ketika harus opname di RS.

Baca juga : Operasi Cesar-ku Aman Berkat Bpjs Kesehatan

“Saya waktu itu sempat didiagnosa infeksi paru-paru dan harus dirawat di RS. Meski ternyata salah diagnosa, tetapi saya sudah dirawat inap hingga 5 hari,” terangnya pada jatimmedia.com.

Dini mengakui, biaya rawat inap selama 5 hari pasti cukup besar. Namun karena sudah menjadi peserta JKN, maka semua biaya ditanggung BPJS dan ia tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Saya bukannya tidak mampu lho. Tapi kan sayang sekali kalau harus mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk berobat,” terangnya sambil tersenyum.

Baca juga : Betsy : Urus Banyak Hal terkait BPJS Kesehatan, Cukup Lewat Online Saja

Dini yang juga karyawan salah satu perusahaan swasta ini juga menambahkan bahwa selama menjalani perawatan di RS, semuanya lancar-lancar saja dan gak ada perbedaan dengan mereka yang berobat tanpa BPJS.

“Nggak ada perbedaan pelayanan. Saya dilayani dengan baik kok,” tambahnya.

Karena sudah menjadi peserta JKN, Dini juga menegaskan bahwa ia menjadi lebih tenang dalam bekerja maupun beraktifitas, karena masalah keseahatannya sudah ada yang menanggung.

“Jujur, sejak menjadi peserta BPJS, hidup saya menjadi tenang karena gak perlu takut untuk urusan kesehatan. Kan kalau sakit, seberapun besanya biaya akan ditanggung BPJS,” ujarnya sambil tertawa.

Baca juga : Berkat BPJS Kesehatan, Operasi 3 kali Tidak Masalah

Ia juga menceritakan bahwa sejak kejadian harus opname selama 5 hari di RS dan dibiayai oleh BPJS, ia menjadi lebih sering menyampaikan betapa tenangnya kalau ada jaminan kesehatan, kepada banyak temannya.

“Ya lumayan, karena ada 3 rekan saya dan saudara saya yang akhirnya menjadi peserta JKN karena tau semua biaya perawatan saya dibiayai BPJS,” pungkasnya. (JM01)