Operasi Cesar-ku Aman Berkat Bpjs Kesehatan

0
27
Operasi Cesar-ku Aman Berkat Bpjs
Yuli Rohmawati, peserta JKN

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sudah menjadi kodratnya bahwa wanita akan melahirkan. Namun persoalannnya, biaya untuk melahirkan di Indonesia ini terbilang cukup mahal, terutama kalau harus operasi. Namun biaya besar ini tidak dialami Yuli Rohmawati.

Wanita yang berdomisili di Wiyung Surabaya ini berhasil melahirkan anaknnya yang kedua melalui operasi Cesar pada tanggal 14 Agustus 2020 lalu itu tanpa biaya sepeserpun, karena menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari jalur penerima bantuan iuran (PBI) Pemerintah Kota Surabaya.

Yuli, panggilan akrabnya ini menjelaskan bahwa selama penanganan medis mulai pra-melahirkan sampai melahirkan semuanya tanpa biaya karena sebagai peserta JKN maka semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Baca juga : BPJS Kesehatan Akan Nonaktifkan Sementara, Peserta yang Belum Lengkapi NIK

“Saya bersyukur karena penanganan proses kelahiran secara Cesar saya berjalan lancar. Dan saya lebih bersyukur lagi karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali,” ujarnya pada jatimmedia.com.

Yuli juga menceritakan, bahwa sebelum ia melahirkan, ada seorang temannya yang juga melahirkan secara Cesar dengan biaya sendiri dan mengeluarkan biaya hingga Rp 20 juta.

“Bayangkan kalau saya harus biaya sendiri sebesar itu. Darimana saya punya uang sebesar itu ya. Bisa-bisa malah saya harus mengadaikan rumah saya untuk biaya persalinan,” ucap Yuli.

Sebagai ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan hanya mengandalkan biaya hidup dari suaminya yang bekerja di pabrik, Yuli merasa apa yang dilakukan BPJS Kesehatan sangatlah membantu ia dan suaminya.

Baca juga : BPJS Kesehatan Beri Keringanan Bayar Iuran Melalui Mobile JKN

Yuli juga menjelaskan bahwa selama menjalani proses persalinan, pihak rumah sakit (RS) sangat baik dan tidak ada diskriminatif.

“Meski saya pakai BPJS Kesehatan, tetapi pelayanan RS sangat baik dan tidak ada perbedaan dengan mereka yang bayar sendiri. Gak ada pelayanan yang diskriminatif kok,” tambah Yuli.

Bahkan menurut Ibu dua anak ini, pihak RS Marinir kodam, tempatnya melahirkan, sangat membantu, karena ketika anak keduanya ini lahir, pihak RS langsung membantunya menguruskan BPJS anaknya.

“Saya sangat senang karena ketika anak saya lahir, pihak RS juga langsung membantu menguruskan BPJS Kesehatan anak saya,” terang Yuli.

Baca juga : BPJS Kesehatan Bantu Angkat Tumor Mahmudah, Ini ceritanya….

Merasakan berkah dan keuntungan sebagai peserta JKN, Yuli juga mengaku bahwa ia sering juga menceritakan pada tetangga dan teman-temannya tentang keuntungan menjadi peserta JKN.

“Semoga semakin banyak masyarakat yang ikut BPJS Kesehatan karena banyak keuntungannya. Dan saya sudah merasakan keuntungan itu karena operasi Cesar anak saya semua biayanya ditanggung BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (JM01)