Distribution Center KSBP Jatim Diresmikan BI untuk Kembangkan Kemandirian Pesantren

0
6
Distribution Center KSBP Jatim Diresmikan BI untuk Kembangkan Kemandirian Pesantren
Distribution Center KSBP Jatim Diresmikan BI untuk Kembangkan Kemandirian Pesantren

Lamongan, JATIMMEDIA.COM – Bank Indonesia meresmikan salah satu Distribution Center (DC) Koperasi Sarekat Bisnis Pesantren (KSBP) Jawa Timur sebagai bagian dari Program Pengembangan Kemandirian Pesantren di salah satu lokasi DC yaitu di Pesantren Sunan Drajat Lamongan.

Distribution Center yang tersebar di 3 (tiga) pesantren tersebut bertujuan untuk :

  • Mempercepat laju distribusi perdagangan antar anggota KSBP,
  • Menampung stok barang untuk pemenuhan kebutuhan pondok pesantren anggota KSBP, serta
  • Memperluas dampak ekonomi yang tidak terbatas pada anggota KSBP, namun juga berdampak pada meningkatnya perekonomian di wilayah sekitar pondok pesantren anggota KSBP.

Peresmian Distribution Center ini dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur Difi A. Johansyah, Pengasuh PP. Sunan Drajat KH. Abdul Ghofur, serta Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo

Selain peresmian, dalam kesempatan itu juga diberikan persetujuan bantuan dana bergulir oleh Kementerian Koperasi dan UMKM sebesar Rp 4,5M.

Baca juga : Presiden Serahkan Zakat dan Luncurkan Gerakan Cinta Zakat

Teten Masduki menjelaskan bahwa terdapat 3 hal utama yang diharapkan menjadi dampak positif dari adanya Distribution Center yang telah dibangun oleh Bank Indonesia serta pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) ini.

“Diantaranya; Pertama, mendorong Distribution Center KSPB sebagai penyedia barang-barang yang murah dan terjangkau bagi masyarakat Lamongan. Kedua, kelembagaan KSBP yang tidak hanya menjadi sarekat dagang namun sebagai produsen dengan penguatan sisi hulu (produksi). Ketiga, sebagai pioneer pesantren yang berbasis retail dalam membangun ekonomi umat dan sebagai contoh koperasi modern,” ujar Teten.

Halaman selanjutnya: Sementara Kepala KPw BI Jatim…