Dosen D4 Teknik Sipil UNESA Beri Pelatihan Jadwal Proyek Konstruksi pada Siswa SMK Negeri 2 Surabaya

0
25
Dosen D4 Teknik Sipil UNESA Beri Pelatihan Jadwal Proyek Konstruksi pada Siswa SMK Negeri 2 Surabaya
Dosen D4 Teknik Sipil UNESA Beri Pelatihan Jadwal Proyek Konstruksi pada Siswa SMK Negeri 2 Surabaya

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Dosen dan mahasiswa prodi D4 Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengadakan pelatihan jadwal proyek konstruksi menggunakan software Microsoft Project pada peserta didik SMK Negeri 2 Surabaya beberapa waktu lalu (11/8/2023).

Kegiatan yang termasuk dalam PKM Kebijakan Vokasi ini berjudul “Implementasi Modul Penyusunan Jadwal Proyek Konstruksi Menggunakan Software Ms. Project Kepada Peserta Didik SMK Negeri 2 Surabaya” dan diikuti oleh para siswa kelas 11 SMK Negeri 2 Surabaya.

Adapun ketua dari kegiatan PKM ini adalah Puguh Novi Prasetyono, S. Pd., M.T., dengan anggota yakni: Feriza Nadiar, S.T., M.T., Drs. Hasan Dani, M.T., Anggi Rahmad Zulfikar, M.T., Arik Triarso, S.Pd., M.T., dan Berkat Cipta Zega, S.Pd., M.Eng., serta tambahan dari 2 mahasiswa D4 Teknik Sipil, yakni Alifia Kartika Putri dan Intan Ersalina Hazlinda Putri.

Jangka waktu pelaksanaan PKM ini adalah 8 bulan, yakni bulan April hingga November 2023 dengan rincian persiapan hingga pembuatan laporan akhir.

Puguh Novi Prasetyono, S.Pd., M.T., sebagai ketua penelitian mengatakan target dari PKM ini adalah peserta didik secara ahli dapat menyusun jadwal proyek konstruksi menggunakan software Microsoft Project.

“Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu memberikan peningkatan keahlian kepada peserta di SMK Negeri 2 Surabaya dalam menyusun jadwal proyek menggunakan software Ms. Project,” ujarnya.

Puguh menjelaskan, kegiatan PKM ini berawal dari koordinasi awal dengan pihak sekolah. Pihak sekolah menyampaikan bahwa terdapat satu mata pelajaran yang perlu penguatan materi. Mata pelajaran yang perlu dikembangkan tersebut terkait dengan perencanaan proyek.

BACA JUGA : UNESA Raih Status Kampus Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

“Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukanlah PKM ini yang hasil akhirnya adalah media pembelajaran berupa modul penyusunan jadwal proyek konstruksi,” jelasnya.

Dasar dari penyusunan jadwal proyek ini, lanjutnya, adalah menyusun network planning/jaringan kerja menggunakan salah satu software yaitu Microsoft Project. Microsoft Project adalah sebuah aplikasi untuk mengelola suatu proyek.

Setelah pelaksanaan PKM, peserta didik SMK Negeri 2 Surabaya sangat terbantu untuk memahami dan mengusai penyusunan jadwal proyek konstruksi sampai dalam menentukan jalur kritis. (Adv)