Dosen Unesa Latih Pelaku UMKM Batik untuk Tingkatkan Persaingan Bisnis

0
38
Dosen Unesa Latih Pelaku UMKM Batik untuk Tingkatkan Persaingan Bisnis
Dosen Unesa Latih Pelaku UMKM Batik untuk Tingkatkan Persaingan Bisnis

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Dengan dinamika sistem pemasaran yang semakin berkembang, menuntut para pebisnis harus terus memutar otak untuk mempertahankan sekaligus mengembangkan bisnisnya. Tentunya, keunikan dan kelebihan menjadi poin yang dapat ditawarkan oleh pelaku UMKM agar memiliki konsumen yang lebih banyak dan mampu bertahan di pasar yang ada.

Latar belakang inilah yang mendasari dosen Unesa, yakni Hapsari Shinta Citra Puspita Dewi,S.E.,M.M., dr. Nur Shanti Retno Pembayun dan Nur Salsabila Rhesa, S.Pd.,M.Sc untuk membuat pelatihan bagi pegiatn UKM di Kabupaten Tuban.

Pemilihan Kabupaten Tuban didasarkan jumlah penghasil batik yang banyak, sehingga dibutuhkan sebuah Pelatihan untuk mengetahui Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threats) dalam meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat. Selain itu, pemilihan penghasil batik juga dilandasi sebagai batik yang menjadi warisan budaya Indonesia.

Salah satu batik khas Nusantara yang memiliki ciri khas unik yakni batik tulis gedog Tuban dan salah satu pengrajinnya adalah Batik Tulis Dewi Sri.

“Tahap perencanaan hingga evaluasi yang diberikan sebagai bekal mempertahankan bisnis melalui Analisis SWOT digunakan untuk mendapatkan informasi dari analisis situasi dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan” ungkap Shinta.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada UMKM Batik Tulis Dewi Sri tentang bagaimana memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, dan meminimalisir kelemahan serta ancaman yang ada.

BACA JUGA : Sambut Benchmarking UNS, Direktur Labschool UNESA Paparkan Strategi Tata Kelola dan Transformasi Sekolah

Hasil dari pelatihan ini dapat dirasakan secara nyata oleh pengelola Batik Tulis Dewi Sri, yakni mampu meningkatan pemahaman tentang analisis usaha dari segi eksternal dan internal perusahaan. sehingga harapannya dapat menyusun strategi usahanya untuk dapat berkembang semakin maju menghadapi tantangan-tantangan bisnis yang ada.

Sebelum melaksanakan pelatihan Analisis SWOT, Tim Dosen Unesa juga telah melaksanakan riset di Desa Margorejo dengan melakukan wawancara dengan Pengrajin Batik Tulis Dewi Sri guna mengetahui kebutuhan materi bagi para pengrajin Batik Tulis Dewi Sri. (Adv/JM01)