Dukung Menuju Peringkat 500 Dunia, UNESA Kembali Kukuhkan 7 Gubes

0
35
Dukung Menuju Peringkat 500 Dunia, UNESA Kembali Kukuhkan 7 Gubes
Dukung Menuju Peringkat 500 Dunia, UNESA Kembali Kukuhkan 7 Gubes

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus memperpanjang daftar jumlah guru besar di berbagai bidang keilmuan. Terbaru, kampus bertagline “Rumah Para Juara” itu mengukuhkan 7 guru besar di Auditorium, Lantai 11, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan Surabaya, Rabu (20/9/2023).

Guru besar yang dikukuhkan itu, kata Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., diharapkan menjadi semangat baru dan lokomotif transformasi tridarma perguruan tinggi UNESA sebagai PTN-BH.

Selain itu, pengukuhan ini juga sebagai penguatan UNESA yang tengah mempersiapkan dua fakultas baru psikologi dan hukum, serta menjadi ‘bahan bakar’ menuju peringkat 500 dunia versi QS World University Rankings.

Rektor yang akrab disapa Cak Hasan itu menambahkan, periode ini, SK guru besar UNESA yang turun sebanyak 15 profesor yang akan dikukuhkan dalam dua tahap. Dimana 7 guru besar dikukuhkan tahap pertama hari ini, sedang 8 lainnya akan dikukuhkan pada tahap kedua, minggu depan.

“Jika dihitung semuanya, secara total, UNESA telah mengukuhkan guru besar yang ke-166,” ujar Cak Hasan.

Pengukuhan tahun ini yang mencapai 29 profesor, tambah Cak Hasan, sudah jauh melebihi target, karena sebelumnya, pihaknya hanya menargetkan sekitar 20-22 guru besar saja. Namun, berkat kerja keras semua pihak, ternyata banyak yang tembus dan SK-nya turun.

BACA JUGA : UNESA Kukuhkan 2.088 Wisudawan, Ada Lulusan Perdana RPL Desa

“Ada tiga lagi yang masih antre atau proses pengajuan. Kalau SK-nya turun, artinya kami mengukuhkan lebih dari 30 profesor tahun ini,” bebernya.

Cak Hasan juga menjelaskan, di balik keberhasilannya memperbanyak jumlah profesor itu terletak pada program percepatan guru besar yang serius dijalankan beberapa tahun belakangan ini. Dan program yang didukung dengan pendanaan dan pendampingan khusus itu terbilang sukses. Dari tahun ke tahun, angka pengukuhannya terus menanjak.

“Ini capaian luar biasa. Semangat kami betul-betul mendorong SDM yang makin berkualitas. Anggarannya kami siapkan Miliaran, pendampingannya juga, sehingga teman-teman dosen ini bisa fokus melakukan riset yang bermutu dan hasilkan publikasi yang bereputasi internasional,” ucapnya.

Cak Hasan berharap, kualitas dan kuantitas riset, publikasi dan inovasi bisa semakin meningkat dengan bertambahnya profesor tersebut. Pun temuan-temuan baru, khazanah dan inovasi baru bisa semakin berdampak dan dirasakan masyarakat, bangsa dan negara.

BACA JUGA : Ini yang Menarik dari Wisuda Perwira Transpotasi Laut ke-49 Politeknik Pelayaran…

Adapun para profesor yang baru saja dikukuhkan UNESA yaitu: Prof. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D., guru besar bidang Kajian Sastra dan Budaya, Prof. Dr. Surana, S.S., M.Hum., guru besar bidang Sosiolinguistik, Prof. Dr. Pujiono, S.E., Ak., M.Si., guru besar bidang Akuntansi Keuangan Manajemen Akuntansi, Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si., guru besar bidang Pendidikan Ekonomi dan Keuangan, Prof. Dr. Sc. Agr. Yuni Sri Rahayu, M.Si., guru besar bidang Fisiologi Tumbuhan (Ilmu Hara), Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si., guru besar Bidang Kimia Analitik, Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si., guru besar bidang Media dan Teknologi Pembelajaran IPA. (JM01)