Ini yang Menarik dari Wisuda Perwira Transpotasi Laut ke-49 Politeknik Pelayaran Surabaya

0
40
Ini yang Menarik dari Wisuda Perwira Transpotasi Laut ke-49 Politeknik Pelayaran Surabaya
orang tua salah satu wisudawan memberikan bunga tangan serta melakukan pemasangan samir

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya hari ini melangsungkan prosesi pelepasan para lulusannya melalui Wisuda Perwira Transpotasi Laut ke-49. Sebanyak 243 wisudawan yang terdiri dari 192 wisudawan program Sarjana Terapan dan 51 wisudawan program Diploma III dan IV, mengikuti prosesi kelulusa yang digelar di kampus Poltekpel, Senin (18/9/2023).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono dalam sambutannya menjelaskan, tema wisuda hari ini adalah The Competent Indonesian Seafarers are Committed to Protecting the Marine Environment and Sustainable Shipping towards Developed Indonesia, yang mencerminkan visi masa depan yang sangat penting.

“Tema ini mencatat tekad, dedikasi, dan peran besar para lulusan kita dalam menjaga lingkungan laut dan mengembangkan sektor maritim Indonesia. Maritim adalah tulang punggung pertumbuhan ekonomi dan sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia. Dan sebagai negara kepulauan, laut kita adalah harta karun yang harus dijaga dan dikelola dengan bijak. Ini adalah tanggung jawab besar, dan para lulusan adalah garda terdepan dalam menjaga warisan ini,” ujarnya, Senin (18/9/2023).

BACA JUGA : UNESA Kukuhkan 2.088 Wisudawan, Ada Lulusan Perdana RPL Desa

Para wisudawan, lanjut Djoko, telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi kompeten di dunia maritim. Namun, kemampuan dan pengetahuan itu hanya sebagian dari persamaan. Yang tak kalah penting adalah komitmen moral dan etika dalam menjalankan tugas Anda.

“Komitmen untuk melindungi lingkungan laut, mengurangi dampak negatif, dan mendukung pelayaran yang berkelanjutan, adalah esensi dari tema yang kita ambil hari ini. Ketika kalian memasuki dunia profesional, ingatlah untuk selalu menjadi pelaut yang bertanggung jawab, yang memprioritaskan praktik ramah lingkungan dalam setiap aspek pekerjaan kalian. Jadilah teladan bagi orang lain, dan selalu berusaha menciptakan perubahan positif dalam industri maritim,” pesan Djoko.

Sebagai lulusan Politeknik Pelayaran Surabaya, tambahnya, para wisudawan juga adalah bagian dari visi untuk memajukan Indonesia. Peningkatan kompetensi dalam sektor maritim akan membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan perkembangan negara kita.

“Kalian adalah tulang punggung industri maritim yang semakin maju, dan ini adalah tanggung jawab yang besar,” tegasnya.

BACA JUGA : Pemerintah Tetapkan Tarif Listrik Tidak Naik

Hari ini, lanjut Djoko, para wisudawan bukan hanya menerima gelar sebagai bukti pencapaian akademis, tetapi juga sebagai tonggak awal perjalanan menuju kontribusi nyata bagi bangsa dan negara, serta menjadi generasi yang memiliki kesempatan untuk membentuk masa depan maritim Indonesia yang lebih baik, lebih berkelanjutan, dan lebih maju.

Halaman selanjutnya: Jadilah pahlawan lingkungan yang menjaga laut kita…..