Dukung Pemulihan Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru, IOH Salurkan Bantuan Makanan dan Masker  

0
4
Dukung Pemulihan Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru, IOH Salurkan Bantuan Makanan dan Masker  
Dukung Pemulihan Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru, IOH Salurkan Bantuan Makanan dan Masker  

Lumajang, JATIMMEDIA.COM – Sebagai bagian dari masyarakat, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memberikan dukungan bagi pemulihan masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru yang disertai Awan Panas Guguran (APG) di Lumajang pada Minggu (4/12).

Menyusul kejadian tersebut, Bupati Lumajang telah menetapkan status tanggap darurat mulai 4 Desember 2022 sampai dengan 14 hari ke depan. IOH segera berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat untuk menyalurkan bantuan makanan, minuman, masker, dan bantuan telekomunikasi bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, APG Gunung Semeru pertama kali terjadi pada hari Minggu dini hari dengan tinggi kolom abu teramati mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Kemudian, APG Gunung Semeru semakin membesar hingga mencapai jarak luncur 19 km atau telah melewati Jembatan Gladak Perak. Hingga Minggu siang, tercatat sebanyak 2.219 jiwa yang telah mengungsi dan tersebar di 12 titik pengungsian.

BACA JUGA : Bank Jatim Salurkan Bantuan Kepada Pengungsi dan Relawan Erupsi Semeru

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, mengatakan, IOH menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas bencana yang menimpa masyarakat di sekitar lokasi erupsi Gunung Semeru. IOH juga berkomitmen untuk selalu hadir membantu masyarakat Indonesia yang tertimpa bencana secepat mungkin setelah ditetapkannya status tanggap darurat.

“Semoga bantuan yang diberikan oleh IOH dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan yang kami nilai sangat esensial di saat darurat seperti ini. Kami berharap kondisi di Lumajang akan semakin membaik, dan masyarakat dapat segera kembali beraktivitas dengan normal,” ujarnya, Rabu (14/12/2022)

Secara detail, IOH memberikan bantuan berupa 400 paket makanan siap santap, air mineral, masker, dan kartu perdana IM3 dan Tri. Paket bantuan ini disalurkan pada Selasa (6/12) di 3 titik pengungsian di Kecamatan Candipuro, yaitu Pos Pengungsian Lapangan Candipuro Desa Candipuro, Huntara/Huntap Desa Sumbermujur, dan Pos Pengungsian Kamar Kajang Desa Sumberwuluh.

BACA JUGA : Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Khofifah Dorong Wujudkan Peran Disabilitas Jatim…

IOH juga berkomitmen untuk tetap menjaga kestabilan jaringan, sehingga masyarakat dapat senantiasa berkomunikasi secara lancar dengan keluarga maupun kerabat. Secara umum kondisi jaringan IOH di wilayah Lumajang adalah dalam kondisi normal, meskipun 7 sites di wilayah yang paling terdampak erupsi Gunung Semeru mengalami kendala pasokan listrik pada Minggu (4/12) sore. Hal ini sejalan dengan misi IOH dalam memberikan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. (JM01)