Facebook Tembus 2 Miliar Pengguna Aktif Harian

0
21
Facebook Tembus 2 Miliar Pengguna Aktif Harian
Facebook Tembus 2 Miliar Pengguna Aktif Harian (ilustrasi)

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Dalam Laporan Pendapatan Kuartal 4 2022 di bulan Februari lalu, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah mencapai tonggak sejarah penting dengan 2 miliar pengguna aktif harian di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, jumlah Grup yang aktif di Facebook telah bertumbuh dari 7,5 juta Grup di tahun 2020 menjadi 10,5 juta Grup saat ini.

Pengumuman ini menunjukkan pertumbuhan dan relevansi Facebook yang berkelanjutan bagi para penggunanya sebagai salah satu jejaring sosial pertama yang menawarkan social discovery journey di mana para penggunanya dapat berinteraksi dan terhubung dengan berbagai hal dan orang-orang yang berarti bagi mereka.

Salah satu inovasi utama yang membuat Facebook terus berkembang adalah penemuan yang didukung oleh Kecerdasan Buatan (AI) yang memungkinkan platform ini untuk merekomendasikan konten yang sangat relevan bagi para penggunanya.  Hal ini  menjadi kunci bagi Reels, yang terus berkembang dengan cepat di seluruh aplikasi Facebook, baik dalam hal produksi dan konsumsi. Dalam Facebook, kecerdasan buatan (AI) juga mampu merekomendasikan semua jenis konten di luar Reel: foto, teks, grup, video berdurasi pendek dan panjang, dan masih banyak lagi.

Meta Head of Facebook Tom Ellison menjelaskan, selama hampir 20 tahun terakhir, orang-orang datang ke Facebook untuk berbagai hal, termasuk untuk melihat apa yang sedang terjadi di lingkungan mereka termasuk dengan teman, keluarga, dan grup di mana hubungan yang berarti terjadi.

BACA JUGA : Banyaknya Kasus Pelanggaran WNA di Bali, Dapat Sorotan Pakar Hukum UNAIR

“Telah terjadi pergeseran dalam beberapa tahun terakhir, dimana orang-orang lebih banyak datang ke Facebook untuk mendapatkan hiburan dan menemukan sesuatu yang baru. Alasan-alasan baru inilah yang menjadi alasan mengapa kami berinvestasi dalam penemuan yang didukung oleh AI,” ujarnya.

Facebook menggunakan AI untuk mengidentifikasi kreator yang menarik minat pengguna dan meningkatkan cara merekomendasikan Reel dan konten lain dari kreator di Feed pengguna. Facebook juga memperkenalkan beberapa fitur untuk memudahkan pengguna menemukan kreator yang relevan dengan minat mereka: label kreator yang sedang naik daun untuk kreator populer, unit saran di Feed yang merekomendasikan kreator, dan ajakan Follow yang lebih konsisten untuk membantu pengguna mengikuti kreator yang mereka temukan di rekomendasi atau komentar.

Fokus Facebook terhadap kreator mendorong mereka untuk berinvestasi besar-besaran dalam menciptakan alat bantu bagi para kreator, menyederhanakan pengalaman Facebook bagi para kreator, meluncurkan lebih banyak format untuk ekspresi kreatif, menyediakan alat bantu untuk membantu mengembangkan dan mengelola penggemar komunitas, serta memperluas cara-cara untuk mendapatkan penghasilan sebagai kreator di Facebook.

BACA JUGA : Wagub Emil Sebut Pentingnya Sinergi Pemerintah dan Lembaga Pendidikan Turut Menjaga…

Tom Ellison menambahkan, para kreator memiliki banyak pilihan saat ini, dan meskipun Facebook tidak selalu menjadi platform utama para kreator, Facebook merupakan aplikasi yang penting bagi para kreator untuk melanjutkan perjalanan mereka – menawarkan kesempatan untuk menjangkau audiens global yang luas, untuk terhubung secara aman dan lebih dalam dengan komunitas mereka, serta untuk mengakses salah satu penawaran monetisasi yang paling efektif dibandingkan dengan aplikasi kreator lainnya.

Halaman selanjutnya: Di Indonesia, Facebook juga menjadi lebih relevan….