Fokus Kembangkan Islamic Ecosystem: Pembayaran Zakat Perusahaan BSI Capai Rp 122,5 Miliar Lebih

0
18
Fokus Kembangkan Islamic Ecosystem: Pembayaran Zakat Perusahaan BSI Capai Rp 122,5 Miliar Lebih
Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyerahkan zakat perusahaan dan zakat non perusahaan melalui BAZNAS sebesar Rp 122,5 Milyar, di Istana Negara RI, Selasa (12/4/2022)

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) membayar zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebesar lebih dari Rp122,5 miliar. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan pembayaran zakat BSI pada tahun lalu yang sebesar Rp 94 miliar.

Dari total pembayaran zakat senilai lebih dari Rp122,5 miliar itu, sebesar Rp101,5 miliar diantaranya merupakan zakat yang dikeluarkan dari laba perusahaan. Sementara lebih dari Rp 21 miliar lainnya merupakan zakat non perusahaan.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, kenaikan itu seiring dengan perolehan laba bersih perseroan yang bertumbuh sepanjang 2021.

“Salah satu pemicu pertumbuhan kinerja keuangan tersebut adalah peningkatan kinerja layanan perbankan dari sisi penghimpunan dana pihak ketiga, pembiayaan serta tumbuhnya transaksi digital BSI melalui e-channel BSI Mobile,” ujarnya.

Baca juga : BI Jatim Gelar Penukaran Uang Baru Secara Drive Thru

Pada 2021 BSI mencatatkan laba bersih hingga Rp 3,03 triliun, dimana raihan ini naik 38,42% secara tahunan atau year on year (YoY). Hery pun menyebut peningkatan zakat perusahaan ini tak terlepas dari dukungan masyarakat kepada BSI sehingga zakat yang dikeluarkan meningkat dan diharapkan mampu memberikan seluas-luasnya bagi kemaslahatan dan manfaat.

“Zakat perusahaan tahun ini mengalami peningkatan karena laba BSI yang meningkat pada 2021. Alhamdulillah, zakat perusahaan dari BSI tahun ini pun menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Semoga dengan naiknya kontribusi zakat BSI ini akan semakin memberikan nilai lebih peran bank syariah bagi umat dan penerima zakat sesuai asnaf,”kata Hery Gunardi.

BSI juga terus memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan menunaikan kewajibannya dalam berzakat melalui layanan BSI Moile. Dengan layanan ini, masyarakat dapat menunaikan zakatnya dimanapun dan kapanpun.

Adapun terkait kinerja BSI Mobile, Hery menjelaskan bahwa perseroan berkomitmen terus berinovasi dalam melakukan transformasi digital. Hal ini salah satunya ditunjukan dari keseriusan pihaknya dalam menggarap kanal digital BSI Mobile dan E-Channel.

Baca juga : Kemendag Gandeng Grab, Akselerasi Digitalisasi UMKM Sektor Perdagangan

“Hingga Desember 2021 saja, transaksi kumulatif BSI Mobile mencapai 124,54 juta atau tumbuh sekitar 169% secara YoY,” lanjut Hery.

Halaman selanjutnya: Perseroan terus memacu pertumbuhan…