Gubernur Khofifah Minta Kepala OPD Pemprov Jatim Wujudkan World Class Bureaucracy

0
35
Gubernur Khofifah Minta Kepala OPD Pemprov Jatim Wujudkan World Class Bureaucracy
Gubernur Khofifah Minta Kepala OPD Pemprov Jatim Wujudkan World Class Bureaucracy

Berpesan Untuk Menyerap Materi Refreshment Semaksimal Mungkin

Sebagai informasi, Refreshment Manajemen Pemerintah Tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur diikuti oleh 61 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II.

Dalam tiga hari pelaksanaannya, peserta akan mengikuti 11 materi. Yang mana, pada pembukaan di hari pertama ini, terdapat empat materi yang akan disampaikan.

BACA JUGA : KPPU Kanwil IV Soroti Kenaikan Tarif PDAM Kota Surabaya 

Antara lain materi Penguatan Analisis Data dan IT dalam mendukung Pelayanan Pemerintah Daerah oleh Head of Bussiness Data Platform Grab Ainun Najib, serta Pimpinan Transformasi di Era Persaingan Global oleh Founder and Executive Chairman Markplus, Inc. Hermawan Kartajaya.

Setelahnya, para peserta beserta pasangannya mengikuti materi Etika dan Tata Krama Pergaulan Internasional dan Table Manner yang diberikan oleh John Robert Powers.

Tak hanya itu, ada pula materi Kepemimpinan Reformasi Birokrasi Tematik oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenpanRB RI Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto. Yang mana, dalam paparannya, Erwan menekankan pentingnya digitalisasi sistem pada birokrasi.

“Ini salah satu program Kemenpan RB yang kami susun berdasarkan arahan Pak Presiden. Ada tujuh poin yang berfokus pada reformasi birokrasi tematik. Salah satunya adalah¬† transformasi profesionalisme ASN maupun non ASN yang meliputi penyederhanaan birokrasi,” ujarnya.

Untuk itu, Khofifah berpesan kepada para peserta untuk benar-benar memperhatikan materi yang disampaikan semua narasumber. Sehingga World Class Bureaucracy dapat diterapkan secara menyeluruh.

BACA JUGA : Antisipasi Curah Hujan dan Bencana Hidrometorologi, Pemprov Jatim Akan Terapkan TMC

“Mendapatkan narasumber seperti ini tidak mudah. Oleh karena itu, tolong betul-betul didalami untuk kita sendiri dan sangu bekerja setahun ke depan. Bagaimana komunikasi yang efektif dan efisien ini bisa dikomunikasikan di antara kita dan menyampaikan hasilnya ke publik,” pesan Khofifah.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Sekretaris Daerah Prov. Jatim Adhy Karyono. (JM01)