Gubernur Tinjau Banjir Luapan Sungai Kedunggaleng Probolinggo

0
14
Gubernur Tinjau Banjir Luapan Sungai Kedunggaleng Probolinggo
Gubernur Tinjau Banjir Luapan Sungai Kedunggaleng Probolinggo

Probolinggo, JATIMMEDIA.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau titik-titik yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Kedunggaleng, Kabupaten Probolinggo, Kamis (11/3/2021) sore.

Titik yang ditinjau Gubernur Khofifah adalah posko pengungsian dan dapur umum yang ada di Kantor Kecamatan Dringu, SDN Kedungdalem I, kemudian meninjau rumah-rumah warga yang terdampak banjir, dan jembatan yang ada Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu, serta, meninjau Dam Mbok Siti Desa Sumber Bulu Kec. Tegalsiwalan, Kab. Probolinggo.

Turut mendampingi dalam peninjauan ini Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, Anggota DPR RI Hasan Aminudin, Anggota DPRD Prov Jatim, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim yakni Kepala Dinas Sosial Prov. Jatim, Plt. Kepala Dinas PU SDA Prov Jatim, serta Plt. Kalaksa BPBD Prov Jatim.

Seperti diketahui, curah hujan intensitas tinggi dan merata di daerah hulu Sungai Kedunggaleng pada Rabu (10/3/2021) sore, menyebabkan air sungai meluap dan menggenangi sejumlah jalan dan permukiman warga. Selain itu, banjir ini juga disebabkan sedimentasi dasar sungai dan sungai yang tidak mampu menampung debit air yang sangat deras.

Baca juga : BMW Astra Hadirkan Varian Terbaru BMW X3 dan BMW X7

Beberapa wilayah yang terdampak banjir diantaranya Desa Kalirejo, Desa Kedungdalem, Desa Tegalrejo dan Desa Dringu di Kecamatan Dringu, Kab. Probolinggo. Banjir juga sempat menggenangi jalan raya sehingga menyebabkan kemacetan di jalur selatan Probolinggo.

Usai melakukan peninjauan, Gubernur Khofifah mengatakan bahwa ke depan, Pemprov Jatim bersama Dinas PU Kabupaten Probolinggo akan segera membuat bronjong dan dengan BBWS Brantas akan segera membuat plengsengan permanen sebagai solusi penanganan banjir akibat luapan Sungai Kedunggaleng ini. Akan tetapi, untuk sementara ini, akan dibuat bronjong sebagai penanganan darurat di tanggul-tanggul yang jebol.

Halaman selanjutnya: Sementara ini untuk daerah…