Ini 30 Wilayah yang Dapat Peringatan Dini Soal Ancaman Siklon Tropis

0
2567
Ini 30 Wilayah yang Dapat Peringatan Dini Soal Ancaman Siklon Tropis
Ini 30 Wilayah yang Dapat Peringatan Dini Soal Ancaman Siklon Tropis (foto: istimewa)

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Berdasar informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang ancaman bibit siklon (angina ribut) tropis 94W yang akan diduga akan mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan pesan peringatan dini kesiapsiagaan bencana pada gubernur di 30 wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan mengatakan, informasi peringatan dini disampaikan agar dapat mempercepat penyebarluasan informasi peringatan bencana. Dan diharapkan informasi tersebut dapat membuat para kepala daerah segera menyusun rencana dan pengambilan keputusan terkait upaya mitigasi.

“Pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca eksterem, seperti puting beliung, hujan lebat, disertai kilat/petir, hujan es dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang serta jalanan licin,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Baca juga : Ramadhan dan Lebaran 2021, BI Jatim Siapkan Uang Baru Rp 11,5…

Lilik juga meminta pemerintah daerah melakukan koordinasi antar lembaga terkait untuk memberikan informasi pada masyarakat terkait bencana yang mungkin terjadi.

“Koordinasi menyasar pada komunikasi risiko yang ditujukan kepada masyarakat mengenai potensi bahaya untuk menjauh dari lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon tumbang atau tepi pantai, khususnya warga yang bermukim di wilayah risiko bencana tinggi,” lanjut Lilik.

Halaman selanjutnya: Adapun 30 wilayah yang mendapatkan…