Ramadhan dan Lebaran 2021, BI Jatim Siapkan Uang Baru Rp 11,5 Triliun

0
163
Ramadhan dan Lebaran 2021, BI Jatim Siapkan Uang Baru Rp 11,5 Triliun
Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Imam Subarkah

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Seperti biasa, menjelang Ramadhan dan Lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Timur selalu menyediakan uang baru untuk masyarakat yang biasanya melakukan penukaran uang.

Untuk tahun 2021 kali ini, BI telah menyiapkan uang kas sebesar Rp 11,5 triliun untuk momen Ramadan dan Lebaran 2021. Jumlah uang kas yang disediakan ini tak jauh berbeda dengan momen yang sama tahun 2020.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Imam Subarkah mengatakan, jumlah uang kas yang disiapkan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat selama pandemic Covid-19. Dimana untuk realisasi pada momen Ramadan dan Lebaran tahun lalu sebesar Rp 11,8 triliun.

Baca juga : OJK, BI dan Pemprov Jatim Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 untuk IJK

“BI sudah koordinasikan dengan perbankan untuk mengecek kebutuhan nasabahnya. Walaupun ada larangan mudik dan PPKM namun tetap ada pergerakan ekonomi dan itu artinya ada kebutuhan tambahan uang,” katanya dalam acara “Cangkrukan Media : Tetap Produktif dan Inovatif Di Masa Ujung Pandemi” yang digelar di De Javasche Bank, jalan Garuda Surabaya.

Seperti halnya tahun lalu, lanjut Imam, BI tidak menyiapkan layanan penukaran uang Lebaran seperti sebelum pandemi. Namun masyarakat masih bisa melakukan penukaran uang melalui perbankan guna menghindari kerumunan.

“Penukaran kas keliling tidak kita buka, tapi masyarakat masih bisa menukarkan uang seusai kebutuhan lewat perbankan. Kami sudah koordinasi dengan semua bank, dan masyarakat tidak perlu khawatir kalau butuh pecahan tertentu,” lanjut Imam, sambil menambahkan bahwa masyarakat hendaknya tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan penukaran uang di bank.

Baca juga : BSN Tetapkan SNI 8880:2020 Tentang Emas, untuk Jamin Kualitas

Selain menyediakan uang untuk Lebaran, Bank Indonesia Jatim  juga masih menyiapkan pasokan uang Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 yang juga bisa digunakan untuk uang Lebaran. Mengingat UPK 75 bukan hanya sebagai uang koleksi tetapi juga menjadi uang yang sah untuk transaksi.

Halaman selanjutnya: Permintaan UPK75 cukup tinggi…