Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Daring

0
20
Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Daring
Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Daring (foto: istimewa)

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Pandemi Covid-19 membuat kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Tidak hanya itu, banyak karyawan yang juga menerapkan sistem work from home untuk menyelesaikan pekerjaannya tanpa harus datang ke kantor.

Kondisi tersebut membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan gawai. Sementara, menatap layar terlalu lama menyebabkan mata cepat lelah, kering, bahkan menyebabkan kelainan pada mata.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mata di era daring?

Dokter spesialis mata Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), dr. Mohamad Nurdin Zuhri, Sp.M., menyebutkan bahwa menjaga kesehatan mata sangat diperlukan pada masa pandemi sekarang ini, karena banyak pasien di era pandemi ini mengalami kelelahan mata, mata kering, maupun kelainan refraksi (kabur pada penglihatan, Red).

Baca juga : Dukung Penerapan PPKM Darurat, BSI Ubah skema Migrasi Nasabah

“Biasanya yang paling banyak di klinik itu banyak orang tua yang membawa anaknya dengan keluhan anak yang mengalami kabur penglihatan atau mata lelah, setelah diperiksa, kita diagnosis terkena miopi atau astigmatisma,” ungkap dokter yang akrab dipanggil Nurdin itu.

Karena itulah, dr Nurdin menyarankan untuk memperhatikan beberapa hal untuk menjaga mata agar mata tetap terjaga, diantaranya:

  1. Mengatur Jarak Penggunaan saat Menatap Layar

Menurut Nurdin, penyebab mata lelah di era daring adalah durasi kerja jarak dekat yang cukup lama. Ketika melihat dengan jarak dekat, mata akan mengalami penyesuaian untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang dilihat, maka otot pada mata akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan kelelahan pada mata.

“Jika kita melihat dengan jarak dekat maka otot mata akan lebih berkontraksi. Ibarat kita mengangkat benda berat, beberapa menit mungkin kita kuat, akan tetapi kalau sudah berjam-jam akan membuat kita lelah,” ungkapnya.

Baca juga : Crown Group Targetkan Pembangunan Mixed-Use dan BTR Senilai 5 Trilyun

Karena itu, lanjutnya, mengatur jarak saat menggunakan gawai adalah salah satu hal penting. Postur tubuh berpengaruh pada jarak ideal penggunaan gawai, biasanya yang paling umum adalah dengan jarak satu lengan atau sekitar 30-40 cm.

  1. Menggunakan Gawai dengan Layar yang Lebar

Penggunaan handphone menurut dr Nurdin, sangat tidak dianjurkan saat sekolah atau kerja dengan metode daring, karena handphone memiliki layar yang cukup kecil, yang akan membuat otot mata lebih berkontraksi. Kemudian ia menambahkan bahwa jarak penggunaan handphone terhadap mata juga relatif dekat dibandingkan dengan menggunakan komputer atau laptop.

“Usahakan tidak memakai handphone, tetapi menggunakan laptop atau komputer. Karena laptop atau komputer memiliki layar yang lebih besar dan jarak penggunaannya yang juga lebih jauh, sehingga itu mengurangi terjadinya astenopia atau mata kelelahan,” tuturnya.

Halaman selanjutnya : Menggunakan Aturan Dua Puluh