Jaminan Kesehatan Penting dalam Mendukung Profesi Jurnalis

0
11
Amelia Wulan, jurnalis di Surabaya
Amelia Wulan : Jaminan Kesehatan Penting dalam Mendukung Profesi Jurnalis

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Memiliki jaminan kesehatan merupakan hal yang penting dan mutlak diperlukan bagi banyak orang, termasuk untuk mereka yang berprofesi sebagai jurnalis, yang cenderung memiliki ritme kerja yang tidak teratur dan sering melebih jam kerja normal.

Hal ini diakui Amelia Wulan, salah seorang jurnalis di Surabaya yang menganggap memilik jaminan akan kesehatan menjadi hal yang mutlak diperlukan sebagai seorang jurnalis.

“Sebenarnya semua orang memang harus punya jaminan kesehatan, karena kesehatan sangat berpengaruh pada kemampuan dan kesempatan untuk bekerja. Terutama bagi profesi memiliki resiko besar seperti saya yang jurnalis ini,” terang Wulan pada jatimmedia.com, Selasa (26/5/2020)

Jurnalis, menurut Wulan, selalu diidentikkan dengan kerja lapangan, waktu kerja yang diluar kenormalan, harus punya stamina yang bagus, maupun sering dianggap sebagai profesi yang penuh resiko.

“Karena itulah saya sangat concern dengan yang namanya kesehatan. Dan memiliki jaminan kesehatan menjadi hal yang mutlak diperlukan. Karena itulah saya menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Wulan juga menambahkan bahwa di saat seperti sekarang dimana ada pandemic Covid-19, maka menjadi peserta program JKN buhan hanya penting, tetapi mutlak harus dimiliki. Apalagi, lanjutnya, dengan adanya Covid-19 seperti saat ini, resiko kesehatan sangat tinggi nilainya.

“Saya bersyukur karena sudah memiliki jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Meski saya tidak pernah menggunakannya dan berharap tidak pernah menggunakannya, tetapi saya menjadi lebih tenang ketika bekerja karena ada jaminan kesehatan,” tambah Wulan.

Dengan tingginya resiko dan banyaknya pembatasan karena kondisi pandemic seperti saat ini, dimana banyak orang mengurangi kegiatan diluar rumah, maka menurut Wulan, menjadi peserta BPJS Kesehatan memiliki keuntungan tersendiri karena banyak hal bisa dilakukan di rumah melalui mobile JKN.

“Dengan mobil JKN, saya bisa melakukan banyak hal. Bahkan dengan mobile JKN saya juga bisa melakukan swa test mengenai Covid-19 karena sudah disediakan di aplikasi mobile JKN,” tambahnya.

Wulan juga mengakui bahwa meski ia berharap sehat selalu dan tidak sampai menggunakan BPJS Kesehatan-nya, tetapi dengan menjadi peserta program JKN, ia sudah merasa lebih tenang dalam bekerja karena memiliki jaminan akan kesehatan.

“Karena itu saya menghimbau pada masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan untuk segera berusaha memilikinya. Jangan tunggu sampai sakit dan terpaksa berobat dengan biaya sendiri, karena biaya kesehatan itu sangat mahal,” pungkasnya. (JM01)