Kinerja BSI Impresif di Jatim, Komitmen Perkuat Pembiayaan UMKM

0
23
Kinerja BSI Impresif di Jatim, Komitmen Perkuat Pembiayaan UMKM
Pengunjung sedang membeli produk di BSI UMKM Center Jawa Timur. Tempat ini memfasilitasi para pelaku usaha umkm di Surabaya untuk menjual produknya

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – PT Bank Syariah Indonesia Tbk., (BSI) mencatatkan kinerja yang positif di wilayah Jawa Timur. Bank syariah terbesar di Tanah Air itu pun berkomitmen terus memperkuat pembiayaan segmen UMKM di provinsi tersebut sebagai salah satu cara mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.

RCEO BSI Region Surabaya, Kemas Erwan menyampaikan, di wilayah Jawa Timur, perseroan membukukan pertumbuhan bisnis yang positif. Hal itu terlihat dari penghimpunan dana pihak ketiga dan penyaluran pembiayaan khususnya di segmen UMKM.

“Kinerja ini tidak lepas dari minat masyarakat yang tinggi terhadap kehadiran BSI dan UMKM Center BSI di Surabaya,” ujarnya, Selasa (13/6/2023).

Tercatat, per April 2023 perolehan dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp 19,6 triliun dengan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 14,4 triliun. Kualitas pembiayaan pun terjaga baik dengan non performing financing (NPF) berada pada posisi 2,13%. Adapun pembiayaan UMKM pada periode yang sama mencapai Rp 2,1 triliun atau tumbuh 19,71% secara tahunan atau year on year (yoy).

Dengan demikian, Kemas menekankan bahwa BSI di wilayah Surabaya siap mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi syariah di Jawa Timur. Kemas mengungkapkan di area Jawa Timur saat ini BSI telah memiliki 2 juta nasabah dan optimistis akan terus tumbuh.

“Kami optimistis jumlah nasabah BSI di Jawa Timur yang saat ini mencapai lebih dari 2 juta nasabah dapat terus meningkat seiring dengan diversifikasi layanan produk syariah BSI di Jawa Timur,” tutur Kemas.

BACA JUGA : Investasi Steam Boiler, Suparma Tak Bagi Deviden

Dia menambahkan Jawa Timur memiliki banyak potensi industri terbesar di Indonesia. Antara lain industri manufaktur, makanan dan minuman, otomotif dan UMKM. Potensi-potensi tersebut prospektif untuk digarap, melalui strategi BSI yang berkomitmen terus mendorong dan berperan lebih besar guna menghadirkan ekosistem halal di Jawa Timur.

“Kami optimis perbankan syariah mampu bersaing dengan baik di Jawa Timur”, imbuhnya.

Sedangkan dukungan BSI terhadap pengembangan UMKM diimplementasikan pada pembangunan BSI UMKM Centre Surabaya pada 2022 lalu. Saat ini UMKM Center Surabaya telah memiliki 276 UMKM binaan. Jumlah ini terus meningkat seiring dengan banyaknya pendampingan dan program peningkatan kapasitas para pelaku UMKM yang dibina.

BSI UMKM Centre Surabaya hadir untuk memfasilitasi para pelaku UMKM dalam memproduksi hingga memasarkan produknya. Sehingga proses bisnis UMKM dari hulu hingga hilir dapat dilakukan dengan tepat dan effisien.

BACA JUGA : Ikuti Misi Dagang, Bank Jatim Beri Fasilitas Promosi dan Akses Pasar…

“Selain itu, di tempat ini juga diberikan berbagai pelatihan dan pembinaan sehingga UMKM yang dibina dan diberdayakan BSI dapat naik kelas,” pungkasnya. (JM01)