KPU Sosialisasi Tahapan Pengadaan Logistik dan Peran Media dalam Kampanye Pemilu Tahun 2024

0
17
KPU Sosialisasi Tahapan Pengadaan Logistik dan Peran Media dalam Kampanye Pemilu Tahun 2024
KPU Sosialisasi Tahapan Pengadaan Logistik dan Peran Media dalam Kampanye Pemilu Tahun 2024

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Gelar Media Gathering bersama dengan 100 orang awak media, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) membahas terkait dengan tahapan pengelolaan logistik dan peran media dalam kampanye Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 4 Oktober 2023, mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Bertempat di hotel Movenpick, jalan Ahmad Yani Nomor 71 Surabaya.

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq di hadapan para wartawan menegaskan bahwa pengadaan logistik Pemilu Tahun 2024 oleh KPU beserta jajarannya menekan pada 6T. Yaitu; Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Kualitas, Tepat Waktu, Tepat Sasaran, dan Tepat Biaya.

“Tepat Jenis artinya jenis logistik yang tersedia sesuai dengan jenis barang yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Tepat Jumlah berarti logistik yang tersedia sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Lalu Tepat Kualitas, maksudnya kualitas logistik sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Sementara Tepat Waktu itu berarti logistik diterima dengan tepat waktu pada H-1 hari pemungutan suara.

BACA JUGA : Jatim Fest Semarakkan Hari Jadi ke-78, Sediakan Berbagai Layanan Publik

“Sangat mungkin penyebab adanya Pemilu lanjutan karena keterlambatan distribusi logistik, namun alhamdulillah di Jawa Timur tidak ada hal seperti ini. Kita pastikan H-1 sudah sampai TPS,” tegas Rozaq.

Selain itu, logistik juga harus dipastikan Tepat Sasaran, artinya sesuai kebutuhan dan tidak salah alamat.

“Akan menjadi bermasalah bila surat suara yang dikirim salah TPS. Terakhir,  Tepat Biaya. Artinya logistik yang tersedia diadakan dengan anggaran yang efisien,” tambahnya.

Rozaq pun menyampaikan ada tiga jenis logistik Pemilu, diantaranya; perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya.

BACA JUGA : Transaksi FESyar Regional Jawa 2023 Capai Rp 3,03 Milyar

Sementara untuk pengadaan logistik Pemilu Tahun 2024 sendiri, dibagi menjadi dua tahap, takni tahap pertama, pengadaan logistik yang tidak berkaitan dengan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) dan Daftar Pasangan Calon (DPC). Seperti kotak suara, bilik suara, tinta, segel, sampul, gembok/kabel ties pengaman kota suara, alat kelengkapan TPS; PPS dan PPK, serta tanda pengenal.

“Sedangkan tahap kedua, pengadaan logistik yang berkaitan dengan penetapan DCT dan DPC. Antara lain, surat suara, alat bantu tunanetra Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Dewan perwakilan Daerah, formulir, serta DCT dan DPC,” jelasnya.

Selain Sosialisasi Tahapan Pengadaan Logistik, pada momen media gathering kali ini juga dilakukan Sosialisasi Peran Media dalam Kampanye Pemilu Tahun 2024 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye.

Materi Sosialisasi Peran Media dalam Kampanye Pemilu Tahun 2024 disampaikan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Gogot Cahyo Baskoro.

BACA JUGA : Buka Jambore Pramuka Jatim 2023, Gubernur Khofifah Bangun Optimisme Raih Cita-Cita…

Turut hadir dari KPU Jatim yakni Ketua, Choirul Anam, Anggota, Gogot Cahyo Baskoro, Miftahur Rozaq, Nurul Amalia. Dengan didampingi Sekretaris, Nanik Karsini, Kabag Keuangan; Umum dan Logistik, Suharto, Kabag Teknis Penyelenggaraan Pemilu; Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Yulyani Dewi, berserta staf yang membidangi. Kegiatan semakin istimewa karena juga dihadiri oleh Deputi Dukungan Teknis KPU, Eberta Kawima. (JM01)