Buka Jambore Pramuka Jatim 2023, Gubernur Khofifah Bangun Optimisme Raih Cita-Cita Wujudkan Indonesia Emas 2045

0
10
Buka Jambore Pramuka Jatim 2023, Gubernur Khofifah Bangun Optimisme Raih Cita-Cita Wujudkan Indonesia Emas 2045
Buka Jambore Pramuka Jatim 2023, Gubernur Khofifah Bangun Optimisme Raih Cita-Cita Wujudkan Indonesia Emas 2045

Tuban, JATIMMEDIA.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jatim, membuka secara langsung Jambore Daerah Provinsi Jatim Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo, Parengan, Kab. Tuban, Senin (2/10/2023) malam.

Jambore Pramuka Jatim yang digelar pada tanggal 2-7 Oktober 2023 ini dibuka oleh Gubernur Khofifah didampingi, Anggota Komisi E DPRD Jatim, Bupati Tuban, Sekdaprov Jatim, dan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim dengan menyalakan Api Unggun dengan menyulut mini calderon sebagai tanda api semangat Gerakan Pramuka dan penyematan Tanda Peserta Jambore Jatim 2023 kepada perwakilan peserta oleh Gubernur Khofifah.

Jambore yang bertema “Produktif” yaitu Patriotik, Religius, Edukatif, dan Inovatif ini diikuti 1.900 peserta dari 38 Kwartir Cabang se-Jawa Timur. Mereka terdiri dari Pramuka Penggalang, Pramuka Penggalang Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK), Pimpinan Kontingen, Pembina Pendamping, dan Pembina Pendamping PBK. Tidak hanya itu, ribuan masyarakat sekitar turut menyaksikan acara pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengatakan, para peserta Pramuka Penggalang yang berusia 13-15 tahun merupakan generasi yang akan menjadi geberasi emas saat Indonesia enas 2045. Untuk itu, ia berpesan terus memupuk semangat, optimisme dan cita-cita dalam meraih masa depan. Ini menjadi bagian penting dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA : Transaksi FESyar Regional Jawa 2023 Capai Rp 3,03 Milyar

“Pertemuan jambore ini bukan hanya pertemuan fisik, tapi juga pertemuan pikiran dan gerakan. Terutama pertemuan kebangsaan antara para penggalang yang sebagian besar berumur 13 – 15 tahun. Dan bahwa penerus bangsa yang berkumpul dalam jambore ini akan menjadi generasi emas dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” urainya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga mengatakan bahwa saat berumur 27 tahun, ia sudah menjadi anggota DPR RI sekaligus pimpinan fraksi dan selanjutnya juga pimpinan komisi.

“Itu artinya yang saat ini umur 15 tahun, insyaAllah 12 tahun lagi adik-adik penggalang yang hari ini ikut jambore juga akan duduk di kursi legislatif. Baik DPRD Tingkat I, II maupun DPR RI,” katanya.

Selain itu, tambahnya, tahun 2045 adalah bagian dari kesuksesan para penggalang semua. Maka sekarang buat catatan bila umur saya 15 atau 13 tahun, maka saat masuk SMA, kuliah dan seterusnya cita-cita apa yang ingin diraih harus disiapkan dengan kerja keras dan sungguh sungguh.

BACA JUGA : BPJS Kesehatan Terus Ajak Fasker untuk Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN

Untuk itu, Khofifah memberikan motivasi kepada para pramuka penggalang untuk tidak mudah menyerah dan terus bekerja keras meraih cita-cita. Serta menjauhkan diri dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas yang bisa merusak masa depan.

Halaman selanjutnya: Jauhi narkoba, sekali lagi jauhi narkoba……..