Mudik Dilarang, Tukar Uang Jelang Lebaran Tetap Jalan

0
5
Mudik Dilarang, Tukar Uang Jelang Lebaran Tetap Jalan
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim, Imam Subarkah

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Pemerintah telah resmi mengeluarkan aturan pelarangan mudik lebaran tahun ini. Namun hal ini sepertinya tidak berpengaruh pada minat masyarakat untuk melakukan penukaran uang baru seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini seperti disampaikan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim, Imam Subarkah, yang menyampaikan bahwa adanya larangan mudik tidak memberikan efek terhadap minat masyarakat untuk melakukan penukaran uang baru menjelang lebaran 2021.

“Dan BI Jatim sendiri telah mempersiapkan kebutuhan uang pecahan baru baik ramadhan dan lebaran tahun 2021, dimana masyarakat dapat melakukan penukaran uang langsung ke bank dan tidak melakukan penukaran uang secara langsung di masyarakat,” ujarnya disela-sela Pelatihan Wartawan “Sinergi Mendukung Bangga Wisata Jawa Timur, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga : Pos Indonesia Kembangkan PosGO Syariah

Imam menjelaskan, kebutuhan uang kartal dalam rangka puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021 di wilayah Jawa Timur diproyeksikan sebesar Rp 28,3 triliun.

“Sementara kebutuhan uang kartal dalam rangka puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri untuk wilayah Kerja BI Jawa Timur (di 13 Kabupaten dan Kota, red), diproyeksikan sebesar Rp 11,8 triliun,” tambahnya.

Untuk lebaran tahun ini, lanjut Imam, Bank Indonesia tidak menggelar penukaran uang kecil pecahan baru secara langsung di masyarakat, sama seperti lebaran tahun lalu, karena masih suasana pandemi Covid-19.

Baca juga : BSI Sepakati Kerjasama dengan DPD REI Jatim untuk Pembiayaan KPR

“Namun demikian, masyarakat tetap bila melakukan penukaran uang baru di kantor bank-bank yang sudah ditunjuk BI. Ini termasuk penukaran uang pecahan baru Rp 75 ribu yang bisa dikoleksi maupun dipakai untuk transaksi,” terang Imam. (JM01)